Skip to content

Apa itu SEO YouTube: SEO YouTube, Belajar SEO, Riset Keyword, dan Cara Mendapatkan Kata Kunci

apa itu seo youtube

Pernahkan Anda tentang apa itu SEO YouTube? Ketika Anda mengunggah video di YouTube tentunya Anda ingin video Anda ditonton banyak orang kan? Nah agar hal tersebut dapat terjadi Anda perlu menggunakan fitur SEO YouTube.

Lalu apa itu SEO YouTube? SEO YouTube secara umum digunakan oleh para YouTube creator agar mereka mendapatkan peluang videonya diklik oleh klien. Hal tersebut tentunya dapat membantu klien mengenali video yang Anda unggah.

Dengan memanfaatkan SEO YouTube, makaavideo yang diunggah akan lebih sering muncul di posisi teratas mesin pencarian. Kenyataannya, masih banyak pemilik akun YouTube yang tidak paham mengenai apa itu SEO YouTube.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai apa itu SEO YouTube, ada baiknya untuk mengetahui pengertian SEO YouTube, berikut dengan kata kunci, hingga belajar SEO dan riset keyword sehingga Anda dapat memaksimalkan akun YouTube Anda.

Daftar Isi

Apa itu SEO YouTube?

apa itu seo youtube

Jika kalian penasaran mengenai apa itu SEO YouTube, definisi yang paling tepat untuk menggambarkan SEO YouTube adalah suatu proses untuk memaksimalkan saluran YouTube berikut fitur-fitur di dalamnya seperti metadata, deskripsi video, daftar putar, dan video Anda.

Secara specific mengenai pengertian apa itu SEO YouTube, yaitu lebih menekankan pada pengoptimalan saluran YouTube agar berada pada posisi pencarian teratas mesin pencarian. Hal tersebut tentunya membuat video Anda lebih mudah dikenali oleh klien.

Jika Anda menggunakan saluran YouTube sebagai tempat promosi ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda, maka ada baiknya untuk mengenal lebih dalam mengenai apa itu SEO YouTube.

Belajar SEO

apa itu seo youtube

Setelah mengathui apa itu SEO YouTube terkait dengan definisinya, ada baiknya agar Anda belajar SEO untuk lebih mendalami apa itu SEO YouTube. Sama halnya dengan SEO pada website yang sering digunakan para pemilik website, pada prinsipnya cara kerja SEO YouTube juga demikian.

Tidak jauh berbeda dengan SEO website, SEO YouTube juga digunakan untuk menaikkan lalu lintas pengunjung yang masuk untuk menonton video Anda di YouTube. 

Untuk itulah sebelum memahami lebih jauh mengenai apa itu SEO YouTube, kiranya cukup penting untuk belajar SEO. Belajar SEO pada prinsipnya dapat dilakukan berdasarkan beberapa hal berikut ini.

1. Memahami konsep dasar SEO

Memahami konsep dasar SEO memberikan peran penting dalam belajar SEO sehingga salah satunya Anda paham mengenai apa itu SEO YouTube. Dalam hal ini tentu saja berkaitan dengan pemahaman bahwa SEO berkonsep untuk membantu menaikkan traffic.

Dengan memahami konsep dasar SEO bukan tidak mungkin Anda nantinya mampu menerapkan dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada seperti pada saluran YouTube Anda.

2. Optimasi kecepatan saluran

Mengoptimasi kecepatan saluran YouTube Anda merupakan salah satu konsep dasar belajar SEO. Hal ini akan membantu Anda dalam memahami apa itu SEO YouTube secara sederhana. Anda juga bisa menggunakan jasa link building dan press media untuk memaksimalkan fitur ini.

Ingatlah untuk tidak mengandalkan tools pengoptimasi karena bisa saja malah dapat mengganggu performa saluran YouTube Anda. Melakukan optimasi sesuai yang disarankan oleh saluran Anda tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.

3. Optimasikan penggunaan saluran

Melakukan optimasi penggunaan saluran YouTube Anda sehingga kompatibel di perangkat apapun adalah hal yang penting. Mengingat saat ini klien memiliki lebih banyak pilihan smartphone untuk mengakses saluran Anda.

Anda akan lebih paham mengenai apa itu SEO YouTube setelah berhasil mengoptimasikan penggunaan saluran Anda. Anda juga bisa menggunakan jasa baclink blog untuk lebih memaksimalkan fitur ini.

Kemudahan dalam membuka saluran di perangkat apapun tentunya memudahkan klien memilih saluran Anda

4. Riset keyword

Riset keyword merupakan salah satu cara yang cukup penting dalam belajar SEO untuk mengoptimalkan saluran YouTube Anda. Dengan melaukan riset keyword, Anda akan lebih memahami apa itu SEO YouTube secara signifikan.

Riset keyword merupakan penentuan yang penting sebelum menentukan kata kunci yang tepat untuk diterapkan dalam saluran YouTube Anda. Hasil riset akan membantu Anda dalam mengoptimasi Youtube Anda.

5. Membuat konten yang bermanfaat

Membuat konten yang bermanfaat akan membantu saluran YouTube Anda di notice oleh fitur audience retention di sistem. Fitur ini membantu menaikkan rating saluran Anda secara signifikan apabila klien menonton video Anda hingga selesai.

Dengan membuat konten yang bermanfaat tentunya akan membuat klien rela menghabiskan waktunya untuk menonton video Anda. Hal tersebut akan membuat rating video Anda naik secara signifikan.

Selain beberapa cara di atas, belajar SEO dapat juga dilakukan dengan cara lain yang dapat dilakukan untuk mengoptimasikan saluran YouTube Anda. Dengan memanfaatkan situs belajar SEO di internet akan membantu Anda memahami apa itu SEO YouTube.

Salah satu poin penting dalam belajar SEO agar Anda lebih paham mengenai apa itu SEO YouTube adalah melakukan riset keyword. Hal tersebut dikarenakan dengan melakukan riset keyword terbukti mampu mengoptimasi saluran YouTube Anda.

Riset Keyword

Seperti yang telah dijelaskan di atas, riset keyword adalah suatu teknik yang digunakan pemilik akun Youtube untuk menemukan kata kunci yang paling sering dicari di YouTube.

Riset keyword adalah salah satu cara pengoptimasi SEO YouTube yang terbukti mampu menaikkan rating pada video yang Anda unggah di YouTube. Tidak jarang pula riset keyword dilakukan berdasarkan tren yang berlaku saat itu.

Setelah mengetahui pengertian dan pemahaman singkat mengenai riset keyword di atas, sekarang kita akan membahas lebih dalam mengenai riset keyword itu sendiri. Mengapa Anda perlu riset keyword untuk saluran YouTube?

Jawabannya tentu saja sederhana, yaitu untuk meningkatkan viewers. Kenyataannya, manfaat lain juga masih tidak kalah penting mengenai riset keyword ini. Berikut terdapat beberapa alasan mengapa melakukan riset keyword itu perlu.

a. Meningkatkan viewers

Meningkatkan viewer merupakan salah satu alasan mengapa riset keyword itu penting dilakukan. Ini merupakan salah satu teknik optimasi SEO YouTube yang terbukti mampu membuat video Anda ditonton lebih banyak.

Salah satu cara untuk meningkatkan viewer yaitu menempatkan keyword yang berkaitan dengan konten. Dengan demikian mesin pencari akan lebih mudah mendeteksi saluran Anda

b. Memudahkan audiens menemukan video

Apabila Anda menggunakan kata kunci yang tepat maka akan memudahkan audiens dalam menemukan video yang mereka inginkan. Dengan melakukan riset keyword, Anda dapat memahami apa yang saat ini paling sering dicari oleh audiens.

Nah, hasil riset keyword ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten di saluran YouTube Anda. Audiens tentunya akan lebih mudah mengenali saluran Anda bukan?

c. Memudahkan dalam membuat konten

Setelah mengetahui hasil riset keyword tentunya dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten. Dengan demikian hal ini akan membantu Anda membuat konten baru dengan konsep yang lebih menarik tentunya.

Dengan melakukan riset keyword, kreatifitas akan tercipta untuk menumbuhkan ide-ide baru dalam membuat konten di video Anda. Tentunya Anda tidak ingin membuat video yang sama dengan saluran YouTube lain kan?

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Riset Keyword?

Setelah mengetahui pentingnya riset keyword, sekarang saatnya untuk memahami bebrapa hal yang perlu diperhatikan dalam riset keyword. Berikut beberapa diantaranya.

1) Volume pencarian

Volume pencarian merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam melakukan riset keyword. Seberapa banyak audiens mencari kata kunci tersebut akan memberikan dampak yang signifikan terhadap audiens yang menonton video Anda nantinya

2) Tingkat kesulitan keyword

Tingkat kesulitan keyword merupakan salah satu hal yang cukup penting diperhatikan dalam riset keyword. Semakin sulit keyword yang Anda gunakan maka akan semakin sulit pula keyword tersebut berada di posisi teratas pencarian.

3) Keyword yang disarankan

Keyword yang disarankan merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan dalam melakukan riset keyword. Sama seperti SEO di website, system SEO di YouTube juga memanfaatkan fitur long tail keyword yang dapat membantu mesin pencari mendeteksi keyword tersebut.

4) Menggunakan tools

Menggunakan tools riset keyword memang disarankan bagi beberapa pengguna saluran YouTube. Hal tersebut karena beberapa fitur dapat dimanfaatkan untuk menemukan keyword yang tepat. Namun bebrapa fitur ini biasanya berbayar sehingga perlu diperhitungkan kembali jika akan memilih tools yang dimaksud.

Cara Mendapatkan Kata Kunci

Setelah mengetahui pengertian riset keyword hingga hal-hal yang harus diperhatikan, sekarang saatnya mendapatkan kata kunci untuk menaikkan traffic saluran YouTube Anda.

Bagaimana caranya? Berikut terdapat beberapa cara mendapatkan kata kunci yang dapat membantu mengoptimasi SEO YouTube Anda.

a) Sesuaikan dengan tema

Beberapa pemula bahkan menggunakan fitur seperti Google Trends untuk mendapatkan kata kunci turunan yang muncul paling banyak di YouTube. Jika tidak menggunakan tools, maka kreativitas Adalah yang dipertaruhkan.

b) Menganalisa tren terbaru

Kata kunci yang berkaitan dengan tren terbaru biasanya akan menjadi kata yang muncul di posisi teratas mesin pencarian. Misalnya Citayam Fashion Week.

Dari kata kunci tersebut Anda dapat menyimpulkan bahwa video tentang Citayam Fashion Week menjadi video yang paling banyak di cari saat ini di YouTube

c) Membuat daftar kata kunci populer dari Google

Membuat daftar kata kunci yang popular dari Google akan membantu Anda dalam menemukan kata kunci di YouTube. Hal tersebut karena dua platform ini saling berkaitan satu sama lain.

Anda dapat membuat tema yang sama dengan kata kunci yang paling popular saat ini. Namun perlu diingat untuk membuat modifikasi yang berbeda dan unik sehingga saluran YouTube Anda tidak terkesan latah mengikuti tren.

Dengan memahami beberapa cara di atas, maka mendapatkan kata kunci untuk membuat konten di saluran YouTube Anda pun akan semakin mudah. Meski dibutuhkan usaha yang tidak sedikit, namun jika dilakukan dengan benar maka hasilnya akan berdampak signifikan.

Nah, setelah memahami apa itu SEO YouTube hingga belajar SEO, melakukan riset keyword, hingga menemukan cara untuk mendapatkan kata kunci, maka dapat disimpulkan bahwa pemaham konsep apa itu SEO YouTube lebih mengarah terhadap kenaikan traffic viewers Anda.

Jika ingin mendapatkan viewers yang tinggi tentunya dibutuhkan usaha yang mampu mengoptimasi saluran YouTube Anda melalui fitur SEO YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.