Skip to content
Home » Blog » Black SEO, Pengertian Serta Contohnya

Black SEO, Pengertian Serta Contohnya

Pernah dengar tentang istilah black SEO? Banyak pemilik website saat ini berusaha supaya situsnya menjadi situs yang menghias laman pertama Google. Salah satu metode yang digunakan yaitu memastikan bahwa artikel yang dimuat dalam situs tersebut memiliki SEO yang baik. Sehingga artikel mampu berada di urutan teratas dan situs mendapatkan banyak pengunjung. 

Akan tetapi banyak dari pemilik situs yang masih belum familiar dengan metode yang tepat. Termasuk salah satunya menghindari black SEO, salah satu strategi SEO yang justru dapat berbahaya untuk situs. Nah, bagi kalian yang juga belum pernah mendengar istilah ini, artikel berikut merupakan tempat yang tepat untuk memperoleh informasi. Berikut beberapa penjelasan penting mengenai black SEO, mulai dari pengertian, contoh, hingga teknik yang umumnya dilakukan untuk menciptakan strategi SEO tersebut.

Tentang Black SEO

Pertama-tama mengetahui lebih dulu apa sebenarnya pengertian dari black SEO. Istilah yang satu ini banyak juga dikenal di dunia maya dengan istilah black hat SEO atau juga spamdexing. Sehingga bagi kalian yang pernah mendengar tentang hal tersebut, kedua istilah ini sebenarnya memiliki arti yang sama.

black seo

Nah, pertanyaan selanjutnya tentu saja apa itu SEO black hat? Rupanya strategi SEO yang satu ini merupakan strategi yang membuat situs melakukan pelanggaran terhadap ketentuan umum SEO yang telah diciptakan. Dalam arti, untuk bisa menjadi peringkat satu di laman mesin pencari Google, digunakan praktik SEO yang tidak sesuai dengan kebijakan layanan yang ditentukan. Sehingga pada akhirnya metode tersebut bukannya membantu situs makin naik peringkatnya, namun malah mendatangkan resiko bagi situs.

Melakukan strategi ini artinya melakukan manipulasi pada konten situs untuk membuat situs menjadi peringkat atas. Walaupun pada prakteknya membuat pembaca menjadi tidak nyaman, serta banyak aturan yagn tidak sesuai. Salah-salah melakukan metode SEO semacam ini malah membuat situs diblokir oleh pihak Google dan bahkan tidak akan muncul kembali pada mesin pencari.

Oleh karena itu metode ini umumnya dihindari oleh situs yang ingin tetap berjalan optimal dan langgeng. Namun bisa jadi beberapa situs tanpa sadar melakukan hal ini saat ingin menaikkan peringkat situsnya. Lebih lanjut tentang black SEO, simak lagi penjelasan di bawah ini.

Teknik Black SEO Yang Umum Dilakukan

Para pemilik situs sebaiknya perhatikan apa saja tindakan yang berpotensi menimbulkan tindakan berupa black SEO tersebut. Karena seperti yang diutarakan sebelumnya, metode ini dapat membahayakan posisi situs secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu perhatikan baik-baik seperti apa tindakan yang dianggap melakukan strategi black hat SEO ini. Beberapa di antaranya yaitu dengan melakukan teknik berikut ini.

black hat seo

Keyword Stuffing

Teknik pertama yang banyak dilakukan oleh situs yang menggunakan metode ini yaitu dengan jalan keyword stuffing. Aktivitas ini merupakan tindakan memasukkan sebanyak mungkin keyword pada konten sebuah situs. Padahal belum tentu keyword yang digunakan tersebut sesuai dengan konten yang dibuat. Sehingga hal ini membuat para pengunjung situs merasa tidak nyaman saat membaca konten situs yang tidak saling terkait tersebut. Meskipun secara teknik membuat situs menaiki peringkat dengan cepat.

Spam Komentar

Rupanya memberikan komentar spam juga menjadi salah satu metode black hat SEO yang dapat merugikan situs. Beberapa kali tentu pengunjung situs menemukan sebuah konten dengan banyak komen yang tidak terkait dan tidak berkualitas. Hal inilah yang dinamakan dengan spam komentar. Dimana efeknya membuat kualitas situs menjadi dipertanyakan.

Invisible Keyword

Ada juga istilah invisible keyword yang rupanya merupakan salah satu metode dari black SEO pada situs. Yang dimaksud dengan invisible ini karena menggunakan teknik dimana warna teks keyword pada konten sama dengan warna background yang digunakan oleh situs tersebut. Akibatnya keyword yang terdapat di dalam konten susah untuk dikenali pengunjung situs atau dengan kata lain tidak terbaca.

Metode yang satu ini sudah dikenali oleh mesin pencari dan termasuk dalam kategori pelanggaran. Oleh sebab itu cara yang satu ini sudah tidak dapat lagi dilakukan oleh situs yang ingin menaikkan peringkatnya secara cepat. Bila ditemukan konten seperti ini maka otomatis pihak mesin pencari akan mengeluarkannya dari peringkat.

Cloacking

Kemudian metode selanjutnya yang juga banyak dilakukan oleh pemilik situs nakal yang ingin menaikkan peringkat secara instan yaitu dengan metode cloacking. Ini merupakan metode dimana situs membuat halaman tipuan. Yaitu halaman yang berbeda saat dibaca oleh mesin bot dan pengunjung situs. Saat dibuka oleh mesin bot maka situs memberikan konten sesuai yang diharapkan. Namun saat dikunjungi oleh pengunjung situs aktualnya, ternyata konten memberikan isi yang tidak sama. 

Kondisi yang seperti ini merupakan pelanggaran yang membuat pengunjung situs merasa tidak nyaman. Konten yang tidak sesuai ini pastinya membuat mesin pencari menurunkan peringkat situs tersebut secara tidak langsung.

Page Hijacking

Terakhir yaitu metode page hijacking, dimana konten yang dituliskan pada situs merupakan hasil salinan konten dari situs yang lain. Hal ini serupa dengan istilah plagiarisme, dimana isi konten persis dengan konten lain yang pernah dideteksi oleh mesin pencari.

Melakukan hal ini membuat situs terkena pelanggaran hak cipta. Maka dari itu menyalin konten sebuah situs dilarang keras untuk dilakukan. Hal tersebut dianggap melakukan manipulasi dan tidak sesuai dengan kaidah yang diterapkan oleh mesin pencari.

Contoh Black Hat SEO

Dari informasi yang telah diberikan sebelumnya, sebenarnya cukup jelas jika ingin mengatahui seperti apa contoh black hat SEO. Sesuai teknik yang dijabarkan di atas, tindakan-tindakan serupa teknik tersebut dapat dikategorikan sebagai black SEO. Untuk gambaran lengkapnya seperti misalnya yang dilakukan oleh contoh berikut ini.

Pemilik situs A ingin meningkatkan peringkat situsnya secara instan. Untuk mencapai hal tersebut maka ada beberapa hal yang dilakukan olehnya. Mulai dari menyalin konten dari situs lain dalam jumlah banyak, memasukkan sebanyak mungkin keyword ke dalam konten yang tidak terkait, hingga membuat konten secara acak dan tidak saling berhubungan. 

Dalam hal ini mesin pencari akan mengenali situs sebagai situs yang melanggar etika dan hak cipta. Tidak hanya itu saja, namun membuat konten yang tidak berhubungan membuat pengunjung situs menjadi tidak nyaman. Sehingga pada akhirnya situs memperoleh ulasan yang buruk dari para pengunjungnya.

Dampak Negatif Black SEO

Seluruh aktivitas yang tidak sesuai dengan ketentuan tentunya akan mendapatkan dampak yang negatif. Demikian halnya jika mengaplikasikan black SEO pada situs. Meskipun berdampak meningkatkan peringkat situs secara cepat, namun ada bahaya yang mengancam di baliknya. Hal ini bahkan dapat terjadi tanpa disadari oleh pemilik situs yang terlena pada hasil awalnya. Namun ternyata di akhir justru merugikan situs yang telah dibangun. Beberapa dampak negatif dari metode SEO yang satu ini antara lain yaitu sebagai berikut.

Pemblokiran Oleh Google

Diblokir oleh Google merupakan mimpi buruk bagi semua situs yang ada di dunia maya. Nah, tahukah kalian bahwa black SEO berpotensi membuat situs diblokir oleh mesin pencari Google? Hal ini karena metode tersebut tidak sesuai dengan kaidah yang ditetapkan oleh Google. Sehingga bila melanggar aturan yang ditetapkan, Google berhak untuk memblokir dan menghapus situs tersebut.

Parahnya, hal ini terjadi tanpa disadari oleh para pelaku metode black hat SEO tadi. Karena di awal peringkat situs seakan melejit, namun tanpa disangka tiba-tiba situs menghilang dan tidak muncul di laman pencari. Pastinya hal ini merugikan pemilik situs, karena harus membangun ulang situs dari awal.

Pengalaman Pengguna Yang Buruk

Dampak buruk berikutnya yang sering terjadi yaitu review pengguna situs yang buruk. Hal ini karena situs yang menerapkan metode black SEO ini sering kali membuat konten yang tidak sesuai dan saling tidak berkaitan. Sehingga pembaca yang melihat isi situs merasa kecewa dan akhirnya memberikan ulasan yang buruk.

Lain halnya jika situs memuat artikel serta konten bermanfaat yang terstruktur dengan baik. Tentu pembaca dan pengunjung situs akan memberikan ulasan yang baik tentang situs tersebut. Maka dari itu jangan sampai membuat konten yang tidak berhubungan sama sekali satu dengan yang lain. Supaya ulasan buruk dari pengunjung situs dapat dihindari.

Penurunan Peringkat Secara Drastis

Penggunaan metode black hat SEO juga dapat membuat peringkat yang awalnya cepat naik justru tiba-tiba menurun drastis. Hal ini karena lambat laun algoritma situs mengalami penurunan. Sehingga pada akhirnya situs terlempar dari peringkat atas dan tidak muncul kembali di halaman pertama mesin pencari. 

Maka dari itu hindari penggunaan metode tersebut supaya situs tetap bertahan di peringkat atas secara normal. Segala upaya menaikkan peringkat situs yang tidak wajar tentunya tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Namun sebaliknya akan membuat situs mudah ditinggalkan pengunjung dan akhirnya menghilang begitu saja dari peringkat.

Penggunaan Jasa Profesional Untuk Peringkat Situs Terbaik

Setelah melihat informasi mengenai dampak buruk penggunaan metode black SEO di atas, tentu saja diperlukan metode yang tepat dalam meningkatkan peringkat situs. Melakukan upaya yang sesuai aturan serta kaidah yang diperbolehkan mesin pencari dapat membuat situs menduduki peringkat satu di halaman mesin pencari. 

Salah satu strategi yang tepat untuk dilakukan yaitu dengan jalan menggunakan jasa link building dan press media. Jasa yang satu ini membantu membangun link yang sehat dan baik untuk situs kalian. Demikian pula dengan menggunakan jasa backlink blog yang tepat. Dengan metode tersebut, maka situs yang dibangun dapat menempati urutan yang tinggi serta bertahan dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dari informasi yang telah diberikan di atas, setidaknya sekarang kalian sudah memahami betul mana metode SEO yang baik dan mana yang tidak. Sudah seharusnya metode yang buruk seperti black SEO harus dihindari dan sedapat mungkin tidak dilakukan. Supaya situs tidak mengalami efek negatifnya seperti yang telah disebutkan tadi. Sebaiknya gunakan teknik SEO yang tepat akan membuat situs bertahan di laman pertama mesin pencari. Dengan demikian tujuan mendapatkan lebih banyak traffic dan pengunjung situs dapat tercapai dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.