Skip to content

Copywriter SEO, Definisi, Tugas, Keahlian, Serta Contohnya

Dunia artikel tentu sudah cukup familiar dengan istilah copywriter. Bahkan seorang copywriter ini diperlukan untuk memastikan artikel yang dimuat memiliki kualitas yang diinginkan. Namun sudah pernahkah kalian mendengar tentang profesi copywriter SEO? 

Sama pentingnya dengan copywriter pada umumnya, copywriter SEO juga memiliki peranan besar dalam sebuah artikel online. Ada banyak hal penting yang harus dilakukan oleh profesi ini terutama untuk memastikan artikel yang dihasilkan memenuhi kriteria SEO secara umum maupun khusus. Jika ingin tahu lebih jauh tentang profesi tersebut, sebaiknya sempatkan waktu melihat informasi yang ada di bawah ini.

Daftar Isi

Definisi Copywriter SEO

Copywriter SEO atau SEO content writer adalah profesi penulis secara khusus yang bertugas untuk menghasilkan konten dengan memuat kaidah SEO di dalamnya. Dimana unsur-unsur pemasaran juga harus terdapat di dalam konten yang dihasilkan. Sehingga diharapkan konten tersebut dapat menghasilkan nilai SEO yang baik serta membantu konversi yang tinggi pada sebuah situs.

copywriter seo

Copywriter SEO ini bisa juga dikatakan sebagai profesi penulis yang harus mampu menyalin sejumlah konten tenar menjadi bentuk konten yang berbeda. Dimana hasilnya nanti mampu membuat para pembaca konten tersebut tergerak melakukan sesuatu seperti yang diharapkan di dalam konten.

Tugas Copywriter SEO

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menjadi seorang copywriter SEO artinya menjalankan beberapa tugas penting. Dimana tugas-tugas tersebut tentu saja tidak jauh-jauh dari optimisasi SEO pada sebuah konten di dunia maya. Akan tetapi, detail tugas yang dilakukan oleh profesional di bidang tersebut terkadang kurang jelas dipahami oleh masyarakat. Nah, supaya lebih jelasnya, di bawah ini adalah tugas mereka pada umumnya.

Copywriting

Pertama-tama, tentu saja seorang copywriter harus mampu melakukan copywriting secara tepat. Dalam arti, profesi ini harus dapat membuat tulisan berupa konten baru yang bersumber dari konten yang telah ada. Hanya saja dibuat dan dibawakan dengan gaya serta bahasa tersendiri. Oleh karena itu tidak heran jika aktivitas copywriting umumnya mencari inspirasi dari tiga konten pertama yang muncul di laman mesin pencari sesuai kata kunci yang diberikan.copywriter seo

Editing dan Proofreading

Selanjutnya tugas dari copywriter SEO yaitu harus dapat melakukan editing hingga proofreading pada konten. Sudah sewajibnya profesi tersebut memiliki intuisi yang tepat terkait menghasilkan konten yang berkualitas. Sehingga tidak sekedar viral atau mengikuti trend saja, namun isi konten juga harus dapat dipertanggungjawabkan dari segi tata pengaturan bahasa. Melalui proses editing dan proofreading ini umumnya akan didapatkan konten dengan alur yang jelas, bahasa yang baik, serta mudah dipahami.

Researching

Bukan hanya sebatas membuat konten saja, namun seorang copywriter juga harus bisa melakukan penelitian atau research. Dimana hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa nantinya konten yang dibuat dapat menarik perhatian kalangan yang ditargetkan. Oleh karena itu kebanyakan copywriter mencari tahu seperti apa kata kunci yang tepat, mana kalimat yang mampu menghasilkan konversi, dan lain sebagainya. Hasil riset yang dilakukan nanti akan digunakan untuk melakukan optimasi pada konten hingga memperoleh konten yang menarik.

Keahlian Yang Diperlukan oleh Seorang Copywriter SEO

Tidak mudah untuk menjalankan profesi sebagai seorang copywriter SEO. Hal ini karena pekerjaan tersebut menuntut berbagai macam keahlian yang penting. Tujuannya supaya pekerjaan berjalan optimal sesuai dengan kewajiban profesi tersebut. Oleh karena itu jika tertarik menduduki profesi ini, perhatikan beberapa daftar keahlian berikut ini yang setidaknya wajib untuk dimiliki.

Content Creations Fundamentals

Pertama yaitu harus mengetahui seperti apa dasar yang paling penting dalam pembuatan konten. Karena seorang copywriter SEO wajib memiliki kemampuan untuk dapat membuat konten dalam bentuk tulisan yang mengandung unsur marketing di dalamnya. Bukan hanya itu saja, namun konten harus dapat disesuaikan dengan berbagai format yang ditentukan. Konten juga harus dapat dimuat pada berbagai media.

Writing Craft & Creativity

Selain itu, menjadi copywriter terutama khusus untuk menaikkan nilai SEO, harus memiliki referensi kosakata yang luas. Karena pekerjaan ini menuntut mereka untuk dapat merangkai kata-kata yang tepat secara kreatif. 

Dalam hal ini, copywriter sudah seharusnya memahami tentang tone tulisan. Bahkan sebisa mungkin copywriter memahami seperti apa POV yang dapat digunakan untuk menarik audiens seperti yang diharapkan.

SEO

Seperti namanya, seorang copywriter SEO, otomatis harus dapat memahami konsep SEO untuk mengoptimalkan konten di dunia maya. Yang mana hal tersebut harus dapat dituangkan dalam bentuk penulisan copy pada sebuah artikel atau konten. Supaya dengan demikian maka konten dapat memiliki nilai SEO yang cukup tinggi dan menjadi salah satu situs yang terdapat di ranking atas mesin pencari. Dimana dalam hal ini tidak terbatas pada keahlian SEO yang spesifik harus hadir di dalam sebuah konten yang dibuat.

Mampu Mendorong Terjadinya Konversi

Tidak mudah untuk menciptakan konversi yang tinggi, namun berkat ahlinya di bidang SEO, maka hal ini bisa dilakukan. Seperti itu juga seorang copywriter yang berfokus pada pembuatan konten SEO. Umumnya mereka dapat memilih kata atau frasa persuasif yang tepat. Sehingga secara tidak langsung konten yang dihasilkan nanti dapat mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu seperti yang diharapkan. Misalnya pada situs jual beli online, pembaca menjadi tertarik melakukan pembelian produk.

Berkomunikasi Dengan Baik

Sebagai salah satu keahlian penting, komunikasi merupakan hal yang harus dimiliki para pekerja copywriter. Karena ini adalah kunci bagi pelaku profesi tersebut untuk bisa mengkomunikasikan pesan secara efektif dalam sebuah konten. Hal ini cukup penting karena terkait dengan kemampuan untuk  mempresentasikan sesuatu yang kompleks jadi mudah dicerna. copywriter seo

Online Research & Sourcing

Seorang copywriter juga harus dapat mengumpulkan berbagai macam referensi yang penting. Termasuk juga mengumpulkan aneka macam data statistik secara efektif dengan menggunakan berbagai media online. Sehingga untuk dapat melakukan hal tersebut tentunya dibutuhkan kemampuan untuk melihat trend dan mengetahui teknik yang tepat.

Editing & Proofreading

Copywriter SEO biasanya akan mengetahui dengan detail tentang penggunaan tata bahasa yang tepat. Profesi ini juga harus mampu mengedit hasil tulisan agar sesuai dengan tata bahasa yang diinginkan. Sehingga pada akhirnya konten yang dihasilkan bisa menjadi lebih efektif.

Contoh SEO Copywriting

Memang cukup menarik jika melihat berbagai macam informasi tentang copywriter SEO di atas. Ada banyak hal yang patut diketahui termasuk tentang dunia copywriting itu sendiri. Sudah merupakan kewajiban bagi pekerja copywriter di bidang SEO untuk memahami seluk beluk copywriting sebagai dasarnya. Termasuk memahami seperti apa contoh SEO copywriting yang baik dan tepat.

Bagi mereka yang awam tentu sulit memahami seperti apa contoh copywriting yang efektif. Oleh karena itu ada baiknya memahami konsep dasar bagaimana membentuk contoh copywriting yang sesuai tersebut. Pada dasarnya ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam copywriting, misalnya berikut ini.

  • Harus original, meskipun mencari bahan konten yang mirip dengan konten lain, bukan berarti melakukan plagiarisme. Namun harus tetap original dan merupakan buah pikiran dari seorang copywriter itu sendiri.
  • Memiliki daya tarik, setiap konten yang dihasilkan harus mampu menarik perhatian target pembaca yang diinginkan.
  • Sebisa mungkin konten cukup singkat, padat, dan jelas. Karena konten yang terlalu bertele-tele umumnya tidak menarik perhatian target pembaca.

Dengan beberapa trik di atas, membuat contoh copywriting yang tepat tentu bukan masalah. Ada banyak jenis contoh untuk pekerjaan tersebut, misalnya saja membuat copywriting untuk tagline, copywriting untuk naskah iklan, dan lain sebagainya.

Manfaat Menggunakan Copywriter SEO

Melihat penjelasan di atas, menggunakan copywriter SEO dapat memberikan banyak manfaat. Terutama jika dikaitkan dengan konten yang dihasilkan pada sebuah situs atau website. Secara umum berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan jasa seorang copywriter SEO.

Nilai SEO Konten Yang Tinggi

Copywriter SEO biasanya akan mengetahui dengan detail tentang penggunaan tata bahasa yang tepat. Profesi ini juga harus mampu mengedit hasil tulisan agar sesuai dengan tata bahasa yang diinginkan. Sehingga pada akhirnya konten yang dihasilkan bisa menjadi lebih efektif.

Kualitas Hasil Artikel Yang Optimal

Keahlian seorang copywriter mampu menghasilkan nilai SEO yang cukup tinggi pada konten. Pada dasarnya ini merupakan hal yang diinginkan oleh banyak pemilik situs. Karena nilai SEO yang baik artinya memberikan kesempatan pada situs untuk dapat merangkak naik dan mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di laman pertama mesin pencari.

Jaminan Hasil Pekerjaan

Manfaat lain yang bisa diterima dari penggunaan jasa copywriter SEO yaitu jaminan atas hasil kerja yang diberikan. Umumnya para pekerja tersebut dapat memastikan bahwa konten yang dibuat sudah pasti memiliki nilai SEO yang baik. Sehingga apabila hasilnya tidak sesuai harapan, akan diperbaiki sampai mendapatkan hasil yang diinginkan oleh para pemilik situs.

Jasa Pendukung Pekerjaan Copywriter SEO

Selain informasi yang telah diberikan di atas, ada hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Yaitu menggunakan jasa pendukung untuk membantu optimisasi pekerjaan seorang copywriter SEO. Hal ini sering dilupakan, padahal dapat memberikan dampak positif yang cukup besar pada hasil pekerjaan terutama SEO itu sendiri.

Salah satu jasa yang bisa digunakan dalam mendukung pekerjaan ini yaitu jasa link building dan press media maupun jasa press release pada konten yang dibuat. Mengapa demikian? Karena penggunaan backlink merupakan salah satu kunci keberhasilan konten SEO yang menarik. Dengan backlink ini maka konten dapat ditautkan pada berbagai informasi atau konten menarik lainnya yang ada di media ternama. Sehingga dengan demikian tentu konten akan menarik minat banyak pembaca di dunia maya.

Oleh sebab itu tidak perlu ragu memanfaatkan berbagai macam hal lain yang bisa digunakan para copywriter SEO dalam menghasilkan karyanya. Pada dasarnya semua memiliki tujuan yang sama, yaitu optimasi konten di halaman mesin pencari. Dengan memastikan konten yang baik dari copywriter yang tepat, tentu saja ada lebih banyak pembaca di dunia maya yang tertarik dengan konten tersebut. Tatkala konten berhasil menyedot perhatian, tentu saja situs akan ramai pengunjung, dan ekspektasi dari pembuatan situs itu sendiri dapat tercapai dengan mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.