Skip to content
Home » Blog » Dofollow: Pengertian, Cara Membuat, dan Perannya dalam Optimasi SEO

Dofollow: Pengertian, Cara Membuat, dan Perannya dalam Optimasi SEO

dofollow

Pernah mendengar istilah dofollow? Jika Anda sedang melakukan upaya optimasi SEO maka istilah tersebut sudah tidak lagi. Hal ini karena istilah tersebut menjadi bagian dari optimasi SEO yang tidak dapat dipisahkan.

Dalam upaya optimasi SEO agar website dapat bekerja secara optimal, teknik dofollow seringkali diterapkan oleh para pemilik website. Teknik tersebut akan membantu meningkatkan performa website secara signifikan.

Sebelum memahami apa itu dofollow, ada baiknya untuk memahami pengertian, manfaat, perbedaanya dengan nofollow, cara membuat, hingga perannya dalam optimasi SEO dalam penjelasan singkat berikut.

Apa itu Dofollow?

apa itu dofollow

Bagi Anda yang baru memulai upaya optimasi website dengan SEO mungkin masih asing dengan istilah dofollow. Secara umum pengertian dofollow adalah backlink yang akan membawa pengunjung ke website Anda.

Secara spesifik pengertian dofollow adalah backlink yang mengijinkan website mengarahkan pengunjung ke website Anda. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dofollow memiliki peran yang tidak boleh dilewatkan. Mengapa?

Hal tersebut dikarenakan cara kerja dofollow link mampu menaikkan lalu lintas pengunjung di website Anda. Dengan demikian website Anda akan berada di posisi teratas pada mesin pencarian seperti Google.

Manfaat Dofollow

backlink dofollow

Dofollow berkaitan dengan pemanfaatan penggunaan backlink yang terdengar cukup populer untuk tingkat kesulitan mendapatkannya. Tidak heran jika beberapa pemilik website lebih memilih menggunakan jasa backlink media nasional atau jasa backlink blog.

Dari segi optimasi website melalui optimasi SEO yang mengandalkan backlink, maka dapat dikatakan bahwa dofollow backlinks memiliki segudang manfaat. Tidak hanya mampu mendapatkan pengunjung namun juga menaikkan rating.

Selain itu terdapat beberapa manfaat lain yang dapat Anda dapatkan apabila menerapkan dofollow backlink. Berikut beberapa diantaranya.

1. Meningkatkan peringkat di SERP

Optimasi SEO untuk pengakuan keberadaan website cenderung mengandalkan peringkat di SERP. Tidak heran jika berbagai upaya dilakukan untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari seperti Google.

Selain itu pengunjung cenderung memilih website yang berada pada posisi teratas di mesin pencarian. Dengan alasan tersebut optimasi SEO dengan memanfaatkan dofollow backlink menjadi cukup signifikan.

Dengan menerapkan dofollow backlink pada optimasi SEO, maka kenaikan peringkat website di mesin pencarian akan lebih terlihat hasilnya. Untuk itulah penggunaannya patut diperhitungkan.

2. Meningkatkan traffic

Lalu lintas pengunjung yang masuk ke website Anda menjadi poin penting dalam tujuan Anda membuat website. Dengan berbagai upaya optimasi SEO salah satunya teknik dofollow akan memudahkan website Anda dalam meningkatkan traffic.

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut dikarenakan backlink dari dofollow memberikan izin yang dapat terdeteksi oleh algoritma mesin pencari sebagai link yang mampu menarik pengunjung.

Jika demikian, maka lalu lintas pengunjung di website Anda akan naik secara signifikan bukan? Beberapa dofollow backlinks tersebut akan bekerja secara optimal untuk pengoptimalan SEO.

3. Mendapatkan referral

Mendapatkan referral dofollow link memang terdengar cukup sulit. Namun dengan optimasi SEO melalui teknik link building akan memudahkan website mendapatkan referral dari website lain.

Mendapatkan referral dari website lain membutuhkan usaha yang tidak mudah. Dengan penerapan teknik link building melalui dofollow maka usaha tersebut bahkan dapat memunculkan beberapa manfaat lain.

Salah satu manfaat atas perolehan referral dari website lain tentunya membuat website Anda menjadi lebih menonjol. Selain itu, kredibilitas website Anda juga akan lebih dianggap lebih baik dibandingkan website lain.

4. Mempercepat indexing

Proses indexing merupakan salah satu teknik SEO yang penting untuk diperhatikan. Proses ini melibatkan optimasi SEO untuk website Anda di mana algoritma mesin pencari akan lebih cepat dalam proses index di mesin pencari.

Jika demikian maka mesin pencari akan lebih mengenal website Anda sehingga menempatkannya di posisi teratas mesin pencari seperti Google. Proses indexing ini harus diimbangi dengan konten yang berkualitas SEO friendly.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan mesin pencari melakukan proses indexing dengan membaca konten terkait dari dofollow backlink yang muncul di website Anda.

5. Sumber daya backlink jangka panjang

Semakin berkembangnya teknologi mengharuskan sumber daya manusia melakukan berbagai inovasi, termasuk dalam upaya optimasi SEO. Hal tersebut dilakukan agar website lebih dikenal dan diakui keberadaannya.

Penggunaan optimasi SEO melalui teknik link building akan memberikan manfaat jangka panjang yang cukup signifikan. Dengan kata lain dofollow akan membuat website Anda memiliki sumber daya jangka panjang.

Jika Anda memiliki sumber daya yang bersifat jangka panjang, maka bukan tidak mungkin bahwa keberadaan website Anda dianggap lebih kredibel dibandingkan dengan website lain ke depannya.

Apa Perbedaannya dengan Nofollow?

Dalam optimasi SEO, teknik dofollow nofollow menjadi hal yang tidak asing lagi. Meskipun demikian beberapa pemilik website baru masih membutuhkan pengetahuan terkait dofollow nofollow ini.

Meskipun terdengar mirip dan sering dikaitkan satu sama lain namun ternyata kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut terdapat beberapa perbedaannya dengan nofollow.

a. Kegunaan

Dari segi kegunaan, dofollow nofollow memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada dofollow backlink cenderung memberikan manfaat untuk link yang terbaca oleh mesin pencari yang mengarah ke website Anda.

Berbeda dengan nofollow backlink yang cenderung menambahkan spam di kolom komentar. Hal ini hanya akan membuat pengunjung Anda tidak tertarik dengan website Anda terkait banyaknya spam yang muncul.

b. Kaitan dengan kata kunci

Dari segi kaitannya dengan kata kunci, secara umum kata kunci pada teknik dofollow disematkan dalam link. Hal tersebut akan membantu optimasi SEO untuk menguatkan link yang dimaksud.

Berbeda dengan kata kunci yang ada di link nofollow yang cenderung bersifat spam. Terkadang bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan konten yang membuat rating website Anda menurun secara signifikan.

c. Dukungan

Dukungan beberapa dofollow backlinks di website Anda cenderung memberikan penguatan terhadap optimasi SEO sehingga membuatnya lebih SEO friendly. Dengan adanya penguatan tersebut maka dukungan terhadap website Anda dari website lain terlihat lebih kredibel.

Berbeda dengan nofollow backlink yang cenderung membuat website Anda semakin lemah bahkan tidak terlihat di mesin pencarian. Penerapan hal ini tentunya harusnya dihindari bukan?

d. Tautan

Tautan dari dofollow memberikan fungsi yang signifikan dalam optimasi SEO. Terlebih jika Anda memiliki persetujuan dengan website lain yang Anda pasang backlink disana.

Hal tersebut tidak hanya membantu optimasi website Anda, namun website lain juga mendapatkan manfaat yang sama. Di sisi lain tautan nofollow tidak dapat memberikan manfaat yang sama seperti yang dimaksud.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Dalam optimasi SEO di website Anda, seringkali muncul pertanyaan mengenai bagaimana cara membuat dofollow backlink. Berikut terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan agar optimasi SEO dapat dijalankan dengan sempurna.

1) Membuat guest post

Membuat guest post merupakan salah satu cara membuat dofollow backlinks menjadi lebih bermanfaat untuk website Anda. Teknik ini cukup populer yang sering diterapkan oleh pemilik website.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis konten di website lain sebagai guest post adalah keterkaitan konten Anda dengan website yang akan dijadikan host.

2) Fokus pada konten berkualitas

Fokus pada konten yang berkualitas mampu memberikan manfaat yang cukup signifikan dalam optimasi website melalui dofollow teknik. Dengan cara membuat konten yang berkualitas tentunya akan menaikkan lalu lintas pengunjung.

Bagaimanapun juga pengunjung lebih tertarik dengan konten yang berkualitas. Dengan pembuatan konten yang bersifat SEO friendly akan membuat website Anda lebih mudah dalam membuat dofollow backlink.

3) Membuat skyscraper content

Salah satu cara yang cukup populer dalam membuat dofollow backlink adalah membuat skyscraper content. Teknik ini cenderung lebih bermanfaat dan fokus pada konten yang Anda buat di website dengan memaksimalkan sumber daya yang ada.

Teknik skyscraper content lebih menekankan pada perbaikan, peningkatan, hingga pembaharuan konten yang ada di website Anda. Mengapa hal ini penting? Tentu saja karena konten berperan besar dalam naiknya rating di mesin pencari.

4) Memanfaatkan fitur SEO Advance

Memanfaatkan fitur SEO Advance merupakan salah satu cara untuk membuat dofollow di website Anda. Pemanfaatan fitur optimasi SEO tersebut cenderung fokus pada tools optimasi SEO.

Dengan memanfaatkan tools tersebut yang dapat diperoleh secara gratis akan membuat dofollow link Anda menjadi semakin mudah. Beberapa fitur berkualitas seperti WordPress dapat Anda manfaatkan secara gratis maupun berbayar.

Peran Dofollow dalam Optimasi SEO

Setelah memahami penjelasan singkat mengenai cara membuat dofollow link di atas, sekarang Anda mungkin mulai memahami apa perannya terhadap optimasi SEO. Berikut terdapat beberapa peran yang dimaksud dalam optimasi SEO.

a) Meningkatkan performa website

Dofollow berperan signifikan dalam meningkatkan performa website Anda. Bagaimana tidak? Backlink yang bersifat dofollow cenderung mampu meningkatkan lalu lintas di website Anda.

Dengan demikian optimasi SEO dapat berjalan lebih maksimal melalui beberapa backlinks dofollow tersebut.

b) Meningkatkan rating

Setelah berhasil mendapatkan lalu lintas pengunjung maka rating website naik secara signifikan. Untuk itulah peran dofollow backlink dalam optimasi SEO menjadi lebih dapat dirasakan hasilnya.

Dengan demikian maka akan membuat website Anda dipilih oleh pengunjung dibandingkan dengan website lain.

c) Menunjukkan kredibilitas website

Sejalan dengan tujuan optimasi SEO, dofollow link yang Anda miliki di website Anda akan membuat website lebih kredibel dan lebih dapat dipercaya kebenarannya.

Dengan demikian maka pengunjung akan lebih memilih untuk mengunjungi website Anda bukan?

d) Menghasilkan backlink

Teknik dofollow memberikan manfaat yang cukup signifikan untuk mendapatkan backlink dari website lain. Itulah mengapa cara membuat backlink dofollow sering dilakukan para pemilik website.

Sebab keberadaan upaya penerapan teknik dofollow mampu memberikan backlink yang kredibel diantara beberapa pilihan backlink yang ada.

Kesimpulan

Setelah memahami definisi, manfaat, perbedaan dengan nofollow, cara membuat dofollow, hingga perannya dalam optimasi SEO maka dapat disimpulkan bahwa peran serta backlink dofollow memberikan kontribusi yang signifikan terhadap posisi website di mesin pencari seperti Google.

Keberadaan beberapa dofollow backlinks yang tercipta atas upaya link building untuk optimasi SEO lebih dapat dirasakan hasilnya ketika website menempatai posisi teratas pada mesin pencarian.

Selain itu, peran dofollow menjadi lebih dapat diandalkan ketika membuat website Anda lebih kredibel dan dapat dipercaya oleh pengunjung. Hal tersebut tidak hanya membantu menaikkan traffic tetapi juga rating di mesin pencari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.