Skip to content
Home » Blog » Domain Authority: Definisi, Manfaat dan Cara Kerja

Domain Authority: Definisi, Manfaat dan Cara Kerja

domain authority

Pernah mendengar istilah domain authority? Jika Anda penggiat website, maka istilah tersebut bukanlah hal yang asing lagi. Namun, bagi para pemilik website yang baru belajar SEO, mungkin terdengar sedikit awam mengenai hal tersebut.

Semakin berkembangnya teknologi, tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan iklan maupun branding dilakukan secara online, salah satunya melalui website. Para pelaku bisnis biasanya menggunakan SEO hingga mengoptimasi domain authority. 

Bahkan tidak jarang dari pelaku bisnis itu menggunakan jasa backlink media nasional hingga jasa backlink blog agar dapat memaksimalkan website yang mereka kelola.

Lalu, apakah domain authority ini penting? Adakah hubungan domain authority dengan SEO? Nah, untuk menjawab pertanyaan mengenai what domain authority, ada baiknya untuk mengenal definisi, manfaat, hingga hal-hal yang mempengaruhi domain authority.

What is Domain Authority?

Secara umum, domain authority didefinisikan sebagai ranking skor di mesin pencari yang tercatat sedemikian rupa untuk mendapatkan prediksi seberapa pantaskah ranking sebuah website berdasarkan search engine result pages (SERPs).

Secara khusus, domain authority didefinisikan sebagai fitur yang membantu menemukan kualitas sebuah website atas posisinya di mesin pencari berdasarkan skor yang dimilikinya. Semakin tinggi posisi website, maka semakin tinggi pula skor yang dimilikinya.

Skor yang diberikan oleh domain authority bersifat variatif mulai dari satu hingga seratus. Skor pada search engine ranking ini didapatkan dari berbagai factor yang mempengaruhinya.

Seberapa Pentingkah Domain Authority?

Apakah Anda pernah berpikir bahwa memiliki domain authority itu penting? Dalam dunia bisnis, secara umum domain authority bermanfaat untuk membantu para pelaku bisnis dalam meningkatkan ranking website berdasarkan halaman search engine results.

Secara singkat, berikut terdapat beberapa alasan atas pentingnya menggunakan domain authority untuk optimasi website Anda.

1. Memprediksi skor website

Seiring berkembangnya teknologi, algoritma pada mesin pencari seperti Google menjadi lebih sulit diprediksi. Hal tersebut menyebabkan website sulit berada di posisi teratas pada mesin pencarian meskipun telah mengoptimasi SEO.

Untuk itulah, diperlukan domain authority yang akan membantu memudahkan website menemukan rangkingnya pada mesin pencarian. Dalam melakukan proses ini dibutuhkan fitur domain authority checker.

2. Menghitung skor website

Pernahkah terpikirkan bagaimana mesin pencari menentukan skor untuk suatu website? Karena skor mempengaruhi posisi website di mesin pencarian, ada baiknya untuk mengetahui cara menghitung skor website bukan?

Nah, salah satu cara menghitung skor adalah dengan memanfaatkan tools domain authority. Tools ini memberikan angka yang cukup signifikan terkait skor website sehingga dapat ditemukan posisi website di mesin pencari berada di urutan ke berapa.

3. Menaikkan rating

Secara umum, domain authority juga memiliki algoritma tertentu sama halnya seperti SEO. Dengan mengoptimasi penggunaan domain authority maka Anda dapat memperbaiki posisi website Anda agar naik secara signifikan.

Setelah mengetahui berapa skor website dan posisi website saat itu, Anda dapat melakukan evaluasi terhadapnya. Dengan menggabungkan berbagai fitur domain authority dan juga optimasi SEO, maka bukan tidak mungkin kunjungan klien yang website Anda akan meningkat.

Bagaimana Cara Kerja Domain Authority?

Cara kerja domain authority secara keseluruhan dipengaruhi oleh konten yang ada dalam website. Kualitas domain yang dapat dioptimalkan secara maksimal akan memberikan hasi yang signifikan.

Itulah mengapa memilih domain yang kredibel cukup penting untuk membantu meningkatkan ratingwebsite. Kaitannya dengan hal tersebut, domain akan memeriksa hingga menganalisa website untuk memperoleh skor.

Skor yang di dapat dari analisa domain dapat ditelisik lebih lanjut oleh pemilik website untuk memeriksa kelayakan konten website. Domain akan membantu pemilik website untuk melakukan review terkait skor yang ada untuk menaikkan rating.

Hasil analisa itulah yang digunakan pemilik website yang mampu mendorong pemilik website untuk membuat konten yang lebih berkualitas sehingga dapat terdeteksi oleh mesin pencarian sebagai website yang mampu berada di posisi teratas pencarian.

Nah, hasil yang signifikan terkait pencapaian hasil analisa dan prediksi domain akan terlihat hasilnya pada search engine ranking ranking. Dengan adanya search engine ini pemilik website dapat dengan mudah mengetahui ranking websitenya.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Domain

Search engine ranking merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam mempengaruhi hasil analisa domain secara umum. Selain itu terdapat beberapa hal lain di dalamnya yang dapat dijelaskan berikut ini.

Search engine ranking

Pada prinsipnya cara kerja suatu domain akan terlihat pada search engine ranking. Hal tersebut dikarenakan ranking yang ada pada mesin pencari ini menentukan search engine result yang paling dicari oleh para pemilik website.

Lalu, apa itu search engine ranking? Secara umum, search engine ranking didefinisikan sebagai ranking website yang muncul di mesin pencari yang akan menunjukkan posisi website.

Dengan kata lain, search engine ranking merupakan fitur yang membantu website mendapatkan posisi teratas pada mesin pencari. Dengan demikian, website akan lebih mudah menemukan di urutan berapa dalam mesin pencarian.

Search engine result

Cara kerja suatu domain pada umumnya adalah dengan memaksimalkan fitur search engine result. Fitur ini membantu website secara keseluruhan berdasarkan kontennya untuk mengetahui posisi terakhirnya di mesin pencari.

Pada umumnya, search engine result bekerja menggunakan kata kunci tertentu pada konten di website. Untuk itulah kata kunci yang bersifat SEO friendly pada umumnya lebih sering dicari dalam membuat sebuah konten.

Mengapa? Jawabannya sederhana, karena search engine result mengandalkan kata kunci untuk menentukan skor yang akan diperoleh suatu website. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kata kunci SEO friendly berpengaruh signifikan terhadap skor website.

Selain kata kunci pada konten SEO, berikut terdapat faktor lain yang mempengaruhi skor pada search engine ranking.

a. Linking root domains

Linking root domains ini berfungsi sebagai salah satu fitur domain yang bertugas memeriksa jumlah backlink yang diperoleh suatu website. Jumlah backlink yang unik ini akan mempengaruhi skor website di urutan mesin pencari.

b. MozRank

MozRank merupakan salah satu fitur domain yang berfungsi menghitung kualitas external link di website. Semakin kuat external link yang dimiliki maka semakin bagus skor yang diperolehnya.

c. MozTrust

MozTrust merupakan salah satu fitur domain yang berfungsi untuk membantu memeriksa apakah external link yang berada di website benar-benar dapat dipercaya. Semakin kredibel external link yang dimiliki maka semakin baik pula skor yang diperolehnya.

d. Quality content

Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas sebuah website dapat dilihat melalui kualitas konten yang dimilikinya. Untuk itulah diperlukan fitur quality content yang dapat membantu menentukan bagaimana kualitas konten website dengan menganalisa kata kunci pada website.

e. Social signals

Sama seperti mesin pencari Google, domain website juga memiliki fitur yang dapat menganalisa konten yang disebut dengan social signals. Dengan memanfaatkan fitur ini maka akan memudahkan website dalam memberikan skor berdasarkan konten di website.

f. Search engine friendliness

Memaksimalkan fitur optimasi SEO menjadi hal yang cukup penting dalam menentukan skor website di mesin pencarian. Tidak heran jika banyak pengguna website melakukan optimasi SEO agar mendapatkan skor terbaik di mesin pencarian.

Nah, setelah mengetahui beberapa cara di atas untuk menghitung skor website, sekarang saatnya menemukan tools domain yang tepat untuk website Anda. Salah satu cara yang cukup populer adalah menggunakan domain authority checker.

Domain authority checker

Secara definitif, domain authority checker adalah suatu fitur optimasi website yang dapat digunakan untuk memprediksi skor website di mesin pencari seperti Google.

Domain authority checker secara umum tidak hanya membantu pemilik website menemukan skor, namun juga posisi di mesin pencarian, hingga memeriksa kelayakan konten website.

Secara umum, domain website dihitung dengan berbagai factor yang mempengaruhi website. Untuk itulah diperlukan domain authority checker untuk mendeteksinya. Anda dapat membandingkan beberapa domain sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya.

Berikut terdapat beberapa domain authority checker yang dapat cukup kredibel dan dimanfaatkan untuk optimasi website hingga saat ini.

a. Domain authority dari Moz

Salah satu domain yang beredar di pasaran yang dapat dimaksimalkan untuk mendapatkan skor yang maksimal di search engine result.salah satunya adalah domain authority dari Moz.

Domain jenis ini dikembangkan oleh perusahaan software Moz yang sudah berpengalaman dalam menggeluti SEO website. Domain ini memiliki berbagai macam optimasi website seperti Link Explorer, MozBar, Keyword Explorer, dan lainnya.

b. SEO review tools

SEO review tools merupakan salah satu domain yang cukup terkenal untuk mengoptimasi website. Fitur ini memiliki performa domain authority checker yang cukup kredibel termasuk pengoptimalan kualitas dan kuantitas backlink.

Selain itu, domain ini juga membantu mengoptimalkan konten website dengan memanfaatkan fitur pemeriksa kelayakan konten di website. Dengan demikian, maka website akan lebih mudah dikenali pengunjung karena kontennya lebih berkualitas bukan?

c. Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu domain checker yang terhubung dengan SEO sehingga meungkinkan pemilik website mampu mengoptimalkan websitenya untuk berada di posisi teratas mesin pencarian.

Ahrefs bekerja dengan memanfaatkan dan memaksimalkan berbagai fitur SEO di website. Dengan demikian bukan tidak mungkin untuk analisa konten juga dapat dilakukan dengan mudah oleh domain jenis ini.

d. SiteChecker

Sitechecker merupakan salah satu pengecek domain yang cukup membantu dalam analisa skor hingga ranking website di mesin pencarian. Domain ini memiliki berbagai macam fitur yang dapat dimaksimalkan untu menganalisa ranking di mesin pencari.

Sitechecker melakukan pemeriksaan yang menyeluruh termasuk kata kunci SEO pada konten website. Dengan demikian, domain ini lebih menekankan untuk meningkatkan domain melalui konten website yang berkualitas.

e. SEMrush

SEMrush merupakan salah satu pengecek domain yang dapat dimanfaatkan untuk menganalisa posisi website di mesin pencarian. Domain ini cukup populer di kalangan pelaku bisnis untuk mempopulerkan brand mereka melalui website.

SEMrush juga mampu menganalisa kompetitor sehingga cukup membantu dalam pemantauan bisnis yang sedang berjalan. Dengan adanya fitur yang cukup kompetitif ini memungkinkan pemilik website menganalisa keadaan bisnis mereka.

Kesimpulan

Nah, setelah memahami beberapa penjelasan mengenai domain authority di atas, dapat disimpulkan bahwa domain authority merupakan tools yang dapat membantu mendeteksi, menganalisa, mereview, hingga mengevaluasi keadaan website.

Dari hasil analisa tersebut dapat lakukan perbaikan sehingga memungkinkan website memiliki skor yang tinggi sehingga cukup membuat posisi yang signifikan di mesin pencarian. Sudah siap untuk memilih domain untuk website Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.