Skip to content
Home » Blog » Manfaat Lengkap Press Rilis Serta Cara Membuatnya Dengan Tepat

Manfaat Lengkap Press Rilis Serta Cara Membuatnya Dengan Tepat

Press rilis menjadi suatu istilah yang tak bisa lepas dari dunia Public Relation atau yang juga biasa disebut humas. Sebenarnya hal ini berhubungan dengan proses pemberitahuan sebuah informasi yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan. Mulai dari aktivitas peluncuran produk dan masih banyak lagi aktivitas yang biasa dilakukan oleh perusahaan. 

Bisa pula dikatakan bahwa aktivitas ini berkaitan dengan segala hal yang dapat meningkatkan citra perusahaan. Tentunya press rilis ini sangat penting bagi suatu lembaga perusahaan. Sebab aktivitas ini dapat membantu perusahaan misalnya untuk melakukan promosi dan menarik perhatian masyarakat. 

Pengertian Press Rilis

Sekilas mungkin gambaran mengenai press rilis sudah Anda dapatkan. Namun mungkin saja masih timbul dalam benak Anda mengenai pengertian dari istilah yang satu ini. Pada dasarnya hal yang berhubungan dengan aktivitas humas ini bisa disamakan dengan promosi perusahaan. Segala sesuatu yang menjadi aktivitas dari perusahaan dipublikasikan di tengah masyarakat.

apa itu press rilis?

Proses publikasi ini tentunya bisa dilakukan dengan menggunakan media apa saja. Baik menggunakan media offline maupun menggunakan media online. Misalnya publikasi yang dilakukan dengan menggunakan media surat kabar. Atau bisa juga menggunakan media internet seperti melalui media sosial yang semakin banyak diakses oleh masyarakat. 

Manfaat Press Rilis

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa press rilis memiliki manfaat yang begitu besar untuk perusahaan. Manfaat tersebut antara lain seperti berikut. 

Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Saat ini mungkin saja Anda sedang sibuk mencari cara mengenai bagaimana bisa mengenalkan usaha Anda pada khalayak. Jika Anda memang ingin melakukannya maka publikasi mengenai aktivitas perusahaan Anda bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan adanya publikasi tersebut maka publik akan mengenal Anda. Tentu kredibilitas perusahaan Anda akan semakin membaik di mata masyarakat.

Mendapatkan exposure

Selain meningkatkan kredibilitas perusahaan rupanya perusahaan Anda juga akan mendapatkan exposure. Nantinya lalu lintas atau traffic pada website milik Anda akan semakin tinggi dan padat. Sebab perusahaan Anda dipromosikan pada media terutama internet. Hingga seluruh pengguna internet yang semakin membludak kini bisa menemukan perusahaan Anda dengan mudah. 

manfaat press rilis

Mengundang konferensi pers

Beberapa kegiatan perusahaan yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan boleh saja dipublikasikan. Hal ini bertujuan untuk menambah aktivitas perusahaan yang mungkin saja perlu untuk diketahui oleh publik. Maka kehadiran press rilis akan membantu Anda untuk mengundang konferensi pers. Tentunya undangan pada pers ini akan menjadi langkah terbaik agar aktivitas Anda bisa terliput. 

Mengenalkan bisnis

Manfaat lainnya yang juga bisa Anda dapatkan adalah mengenalkan bisnis ke orang lain. Sebab bisa saja perusahaan tempat Anda bekerja kini perlu melakukan ekspansi. Maka ekspansi bisnis atau usaha ini bisa dicapai secara lebih mudah. Sebab publikasi mengenai perusahaan Anda bisa bermanfaat menanamkan konsep bisnis pada siapa saja. Bisnis Anda yang dipublikasikan disini pada akhirnya akan meningkatkan hasil penjualan produk. 

Menambah pendapatan perusahaan

Hal terakhir yang menjadi manfaat dari proses publikasi aktivitas Anda adalah bertambahnya pendapatan perusahaan. Jika memang aktivitas publikasi di berbagai media ini sukses maka akan datang pembeli. Hal inilah yang membuat pendapatan jadi bertambah sekalipun mungkin isi dari publikasi masih belum sempurna.

pendapatan dari press rilis

Contoh Press Rilis

Bagi Anda yang ingin membuat press rilis untuk tujuan tertentu mungkin masih bertanya-tanya mengenai caranya. Berikut beberapa contoh press rilis yang direkomendasikan untuk Anda sekalian. 

  • Contoh kegiatan

Sebagai salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk menarik khalayak maka Anda mungkin perlu mengetahui contoh press rilis. Salah satunya adalah publikasi mengenai kegiatan yang akan dilangsungkan. Mungkin saja kegiatan yang akan dilakukan memerlukan bantuan atau kerja sama dari pihak lain. Maka Anda bisa menampilkannya pada media. 

  • Contoh event

Bukan hanya kegiatan saja yang bisa ditampilkan untuk melakukan publikasi mengenai suatu hal. Namun event juga bisa dijadikan sebagai bahan publikasi yang dilakukan di berbagai media yang ada. Misalnya saat Anda menampilkan adanya dukungan dari perusahaan Anda pada kinerja pihak lain. Maka hal ini boleh saja menjadi konsumsi publik hingga citra perusahaan Anda menjadi lebih baik. 

  • Contoh launching produk

Kegiatan launching produk juga bisa menjadi suatu hal yang dipublikasikan pada masyarakat umum. Anda bisa mengumumkan aktivitas launching produk di berbagai media. Maka siapapun yang mengetahuinya akan membacanya. Kegiatan ini akan menjadi suatu hal yang menarik bagi pelanggan perusahaan Anda. 

Cara Menulis Press Rilis

Menulis press rilis tentu saja tidak bisa sembarangan. Namun untuk dapat menulisnya perlu memperhatikan beberapa cara seperti berikut. 

Menemukan inti

Penulisan seluruh aktivitas perusahaan pada media pada dasarnya memang haruslah tepat. Jangan sampai apa yang ditulis nantinya justru membuat khalayak jadi tak tertarik lagi dengan perusahaan Anda. Maka salah satu hal yang ahrus diperhatikan dalam menulis adalah menemukan inti. 

Yang dimaksud dengan inti disini adalah inti dari apa yang hendak disampaikan pada masyarakat. Sebaiknya apa yang ditulis ini tidak bertele-tele sehingga terkesan lebih jelas. Tulisan yang mengarah pada inti akan membuat siapa saja bisa menangkap informasi dengan cepat. 

Menerapkan teori piramida terbalik

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan dalam menulis apa yang akan dipublikasikan yaitu menerapkan teori piramida terbalik. Disini penulisan diawali dengan adanya judul yang cenderung menarik dan jelas. 

Setelah itu Anda perlu menambahkan tubuh tulisan dengan konsep 5W1H. Kemudian penulisan dilanjutkan dengan adanya informasi pendukung. Jangan lupa pula untuk menyertakan seluruh data tambahan yang dilanjutkan kronologisnya. Pada akhirnya perlu pula mencantumkan news lead yang menjadi ujung tombaknya. 

Mengandung 5W+1H

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tubuh tulisan sebaiknya mengandung konsep 5W1H. Jadi dalam tulisan haruslah terkandung konsep siapa dan kapan serta dimana. Tak ketinggalan pula konsep apa yang terjadi dan mengapa bisa terjadi. Serta yang terakhir adalah konsep bagaimana bisa terjadi. Seluruh hal ini perlu dicantumkan dalam tulisan sesuai dengan ejaan yang baik sesuai EYD. 

Menyertakan Ilustrasi

Tak ada salahnya bila Anda turut menyertakan ilustrasi dalam tulisan Anda. Tentunya Anda bisa menambahkan ilustrasi agar informasi yang ditampilkan jadi semakin menarik. Setidaknya ilustrasi yang disertakan bisa menambah nilai estetika. 

Tentu saja hal ini akan membuat siapa saja yang melihatnya jadi lebih tertarik. Sebenarnya penggunaan ilustrasi juga bisa membantu Anda dalam menyampaikan informasi. Sebab melalui ilustrasi inilah nantinya pembaca dapat memahami apa isi dari rilis yang telah dibuat. 

Melakukan re-check

Satu lagi cara terbaik dalam membuat rilis adalah dengan melakukan proses re-check. Tentu saja proses re-check ini bisa membantu Anda untuk menghindarkan tulisan dari kesalahan. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam penulisan termasuk kesalahan ketik. Sebaiknya berikan hasil yang sempurna untuk rilis Anda agar citra perusahaan Anda semakin meningkat. Jadi jangan lupa melakukan tahapan re-check atau pengecekan ulang di bagian tahap akhir. 

Syarat Press Rilis

Membuat press rilis rupanya tidaklah serumit seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Bagaimanapun juga pembuatannya perlu mengandung beberapa syarat.

Judul orisinil

Sekalipun tidak terlalu rumit namun tetap saja membuat press rilis haruslah memperhatikan banyak hal. Misalnya saja memperhatikan judul yang akan dibaca pertama kali oleh siapapun yang melihatnya. 

Yang perlu diketahui dalam hal ini adalah judul bersifat orisinil. Jangan sampai judul yang digunakan cenderung meniru perusahaan lainnya. Judul yang orisinil sekaligus menarik akan membuat pembaca semakin berminat pada perusahaan Anda. Bahkan seluruh produk Anda pun juga bisa saja menjadi minat tersendiri bagi pembaca. 

Tubuh naskah

Selain judul tentunya hal yang juga harus diperhatikan adalah bagian tubuh naskah. Pada dasarnya tubuh naskah harus jelas dan tidak bertele-tele. Selain itu tubuh naskah ini haruslah mengandung isi dari apa yang sedang dipublikasikan. Bisa juga isinya mengandung informasi menuju situs lain yang lebih detail. Caranya dengan menggunakan jasa link building dan press media atau tentu saja jasa press rilis.

Nantinya setiap orang yang melihatnya pasti tertarik dengan rilis yang telah dibuat. Hingga akan ada semakin banyak orang yang mengenal perusahaan Anda. Meningkatnya jumlah orang yang mengenal perusahaan Anda akan berdampak baik bagi perusahaan Anda. 

Teknik 5W1H yang jelas

Satu lagi syarat lainnya yang tak boleh tertinggal yaitu memiliki kejelasan dalam hal 5W1H. Dengan menggunakan teknik 5W1H maka apa yang Anda tampilkan tentu lebih jelas. Oleh karena itu pastikan bahwa isi dari apa yang Anda tampilkan di media tersebut bisa menjawab seluruh pertanyaan. Mulai dari judul hingga isinya haruslah jelas dan sesuai dengan apa yang akan dilangsungkan. Rilis juga sebaiknya bersifat informatif agar tidak membuat masyarakat bingung.

Contoh Judul Press Rilis

Mencari contoh judul press rilis kini tak perlu bingung dan repot lagi. Anda mungkin bisa melihat beberapa contoh judul terbaik seperti di bawah ini.

Judul menarik

Salah satu cara terbaik dalam menulis judul adalah membuatnya tampak menarik. Seperti misalnya “Akan Diperjualbelikan Dengan Harga Terjangkau” untuk menawarkan produk. Terjangkaunya harga yang turut dicantumkan dalam judul sudah pasti menjadi berita menarik bagi banyak orang.

Judul mewakili isi

Judul terbaik juga sudah seharusnya bisa mewakili isi dari apa yang dipublikasikan. Misalnya saja perusahaan sepatu startup bisa membuat judul “Launching Produk Sepatu Wanita”. Hal ini menyiratkan isi dari apa yang dipublikasikan yaitu mengenai produk yang dijual oleh perusahaan.

Judul dengan kalimat aktif

Syarat terakhir untuk judul press rilis yang terbaik adalah menggunakan kalimat aktif. Misalnya saja “Perusahaan Gelar Festival Musik”. Pastinya judul yang seperti ini akan lebih mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya. 

Press rilis yang seharusnya dilakukan oleh sebuah perusahaan tampaknya tidak seluruhnya diterapkan. Sekalipun dapat memberi keuntungan namun masih saja beberapa perusahaan memilih untuk tidak menerapkannya. Padahal aktivitas press rilis ini sebenarnya dapat membantu perusahaan untuk mempromosikan usahanya. 

Dengan adanya aktivitas ini maka sudah pasti nama perusahaan akan semakin dikenal di kalangan masyarakat. Namun sayangnya belum semua perusahaan melakukan press rilis dengan baik. Hingga masih banyak perusahaan yang belum dikenal oleh masyarakat umum. Karena manfaatnya ini maka tak ada salahnya jika Anda memilih aktivitas ini untuk mempromosikan usaha Anda. Pastinya usaha atau bisnis Anda akan semakin dikenal oleh siapa saja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.