Skip to content
Home » Blog » Mengetahui Contoh SEO Off Page yang Dapat Digunakan dan Diterapkan

Mengetahui Contoh SEO Off Page yang Dapat Digunakan dan Diterapkan

contoh seo off page

Search Engine Optimization atau biasa disebut dengan SEO terdiri dari 2 tipe dalam melakukan pengoptimalan hasil guna meraih tujuan pencarian yang diharapkan secara maksimal yaitu meningkatkan traffic dan juga peringkat dalam page di mesin pencari.

Selain bertujuan untuk meningkatkan ranking sebuah traffic, hadirnya SEO atau Search Engine Optimization juga berpotensi besar digunakan untuk meningkatkan visibilitas dari sebuah situs web dengan cara meningkatkan beberapa faktor kriteria penting yaitu traffic, brand awareness, peringkat (ranking) dari halaman, dan mengubah audiens menjadi pelanggan tetap.

Pembahasan di dalam Artikel ini lebih berpusat pada penjelasan tentang SEO Off Page dan Contoh SEO Off Page. Dimana akan dijelaskan bahwa SEO Off Page memiliki banyak kegunaan dalam bisnis serta penerapannya jika diacu pada Contoh SEO Off Page, dengan harapan situs website bisnis dapat muncul di halaman pertama dan peringkat pertama sebuah mesin pencari.

Pengertian SEO Off Page sebagai Dasar dari Contoh SEO Off- Page

Berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai SEO Off- Page. SEO Off Page atau bisa disebut juga sebuah Off- Page Optimization lebih bergerak dan berpusat pada pengoptimalan sebuah situs dari luar website (eksternal) yang tidak ada kaitannya dengan faktor- faktor yang berada pada halaman website. Salah satu contoh SEO Off Page pada prosesnya adalah dengan melakukan link building atau back linking serta hal lainnya.

Ada beberapa perbedaan antara SEO- Off Page dan SEO On-Page, perbedaan ini karena SEO – On Page lebih mengacu dan berpusat pada pengoptimalan website dari dalam (internal), baik dalam hal kecepatan loading sebuah situs, kualitas dari konten yang diunggah sebuah website serta judul dan deskripsi di dalam situs website.

seo off page

Manfaat dari Adanya SEO- Off Page untuk menjalankan Contoh SEO Off- Page

Dengan mengetahui lebih lanjut penjelasan mengenai SEO Off- Page, maka SEO Off- Page sangat penting untuk dipelajari dan dilakukan dalam melakukan pengoptimalan terhadap SEO. Hal ini dikarenakan SEO Off- Page memiliki peranan penting untuk membantu peningkatan visibilitas sebuah situs, jika hanya mengharapkan dari SEO On- Page tentunya visibilitas dan pengoptimalan sebuah website tidak bekerja dengan maksimal, hal ini dikarenakan SEO Off- Page dan SEO On- Page harus bekerja sama menurut kriterianya masing- masing untuk memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap SEO.

Manfaat utama yang bisa dirasakan oleh para pemilik situs web bisnis dari melakukan pengoptimalan SEO Off- Page adalah pelanggan akan jauh lebih mudah mendapatkan informasi lebih terkait profil perusahaan atau produk yang ditawarkan, hal ini tentu akan meningkatkan lebih peluang website bisnis tersebut dapat dikunjungi dan dikenal oleh banyak audiens dari pengguna internet yang berpotensi besar untuk menjadi pelanggan.

Contoh SEO Off Page

Berikut merupakan contoh SEO Off Page yang bisa dipelajari lebih dalam, guna lebih memahami penjelasan dari kehadiran SEO Off- Page : 

1. Link Building

Contoh dari SEO Off- Page yang paling kerap ditemui dan paling umum dipahami adalah Link building. Dimana dengan adanya link building, Pemilik situs SEO Off-Page yang mencantumkan link pada situs web lain, dapat memberikan arahan dan rekomendasi kepada audiens yang melihat, untuk mengunjungi situs web dari pemilik yang mencantumkan link tersebut.

Saat ini, banyak mesin pencari yang semakin mengembangkan algoritma mereka untuk menilai kualitas dan juga kuantitas dari backlink atau link building, agar bisa memberikan nilai yang paling baik memenuhi kriteria untuk sebuah website bisnis pemilik dengan memperhatikan faktor- faktor berikut. Faktor- faktor tersebut adalah :

- Page and Domain Authority

Faktor penting dari berjalannya contoh SEO Off-Page yang pertama adalah memberikan penilaian dari kualitas sebuah link dengan cara menilai bagaimana kualitas profile link building secara keseluruhan pada sebuah domain dan page tertentu. Dengan perhitungan skala nilai yang diberikan pada kualitasnya adalah mulai 1 hingga 100, dimana dapat disimpulkan semakin tinggi, maka semakin baik kualitas link yang dinilai mesin pencari tersebut, hingga berpotensi untuk menduduki ranking teratas.

- Anchor Link

Faktor selanjutnya yang juga penting dalam Contoh SEO Off- Page adalah mencantumkan link pada situs lain dengan juga menyertakan URL Link di halaman website lain, yang telah dicantumkan dalam teks sesuai dengan kata kunci relevan yang dicari dan dibahas oleh para audiens.

- Do Follow and No Follow

Faktor berikutnya untuk mendukung contoh SEO Off Page adalah dengan mendeteksi dan riset kualitas authority dari sebuah website. Dengan menggunakan bot untuk bisa mengetahui apakah link tersebut termasuk ke dalam dofollow atau nofollow, jika link tersebut masuk ke dalam no follow, maka bot tidak dapat mendeteksi link tersebut begitu juga sebaliknya. 

2. Relevansi

Contoh SEO Off Page ini memiliki tugas untuk membangun link building yang relevan dan berkaitan dengan bisnis dan produk yang dijalankan. Contohnya adalah ketika website berisi bisnis yang menjalankan digital marketing, maka cari juga website bersangkutan yang bergerak di bidang yang sama dan sejalur dengan tema dari bisnis. 

3. Traffic Website

Contoh SEO Off Page ini berpusat untuk memperhatikan bagaimana posisi dari traffic pada saat melakukan pencantuman link, yaitu jika bisa melakukan pencantuman saat traffic website sedang tinggi, agar hasil dari link building juga sedang tinggi.

4. Brand Mentions

Contoh SEO Off Page yang lain adalah Brand Mention yang sangat berpotensi besar membantu peningkatan brand awareness dari bisnis dengan melakukan sebuah campaign menarik atau penghargaan saat acara sedang disorot dunia online atau sosial media. Saat Brand Mention diadakan, perlu bantuan besar dari sosial media guna menambahkan link bisnis yang berpotensi memudahkan audiens untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang perusahaan.

5. Customer Review

Contoh SEO Off Page selanjutnya adalah Customer Review atau penilaian dari Customer. Dengan menggunakan bantuan hasil review dari para customer, maka juga akan memberikan rasa kepercayaan dan tertarik bagi para pengunjung atau calon pelanggan yang dituju. Semakin bagus ulasan dari customer, maka akan semakin bagus juga SEO Off Page. Contoh SEO Off Page ini tergantung bagaimana kualitas yang anda tawarkan pada konsumen.

contoh seo

Strategi Penggunaan SEO Off- Page

Agar proses pembuatan SEO Off Page dan Contoh SEO Off Page berjalan secara maksimal, maka diharapkan adanya penerapan strategi yang dapat dilakukan. Berikut adalah strategi tersebut.

1. Penggunaan Link Building yang Berkualitas

Link Building merupakan hal yang sangat penting dalam SEO Off Page dan Contoh SEO Off Page, hal ini dikarenakan Link Building yang mengatur pemberian peningkatan peringkat dan unggul saat bersaing dengan kompetitor, dengan memberikan link eksternal dari konten yang diunggah, sehingga dipercaya menghasilkan backlink yang berkualitas.

2. Aktif Menggunakan Sosial Media

Penggunaan Sosial Media merupakan strategi yang efektif dalam SEO Off Page dan juga Contoh SEO Off Page. Strategi ini merupakan cara yang paling baik dalam meningkatkan traffic, dengan cara melakukan promosi terhadap brand di sosial media, sehingga membuat banyak pelanggan menemukan informasi dari perusahaan dan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan banyak audiens karena terdapat arahan website dari sosial media.

Contoh Alat yang Dapat Digunakan Untuk SEO Off Page

1. Tools Google Ads

Google Ads dapat membantu dan berperan besar untuk meningkatkan traffic website dari berbagai fitur saat dilakukannya optimasi SEO melalui fitur yang dibuka saat melakukan pencarian kata kunci. Dikarenakan Google Ads dapat membantu mengembangkan website bisnis, maka hal ini menjadi menarik bagi para  customer.

2. Tools Moz

Dengan penggunaan Tools Moz, maka pengguna SEO Off Page akan dapat dibantu dalam mengembangkan strategi SEO saat sedang dijalankan, hal ini dikarenakan Moz dapat melihat analisis campaign yang dilakukan serta memberi penilaian terhadap fitur- fitur SEO lain, pada umumnya.

3. Tools Ahrefs

Tools Ahrefs pada umumnya terkenal untuk memudahkan penggunaan SEO Off Page dalam melakukan link building. Hal ini dikarenakan, tools ini memberikan banyak informasi seputar website yang dimiliki pesaing, memberikan kata kunci yang relevan serta mampu merekam jejak dari backlink saat sedang dijalankan.

Nah, artikel diatas memuat penjelasan lebih lengkap mengenai SEO Off Page dan Contoh SEO Off Page. Dalam melakukan pengoptimalan yang maksimal, anda juga dapat menggunakan jasa link building dan press media serta jasa backlink blog yang dapat digunakan secara efektif untuk membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.