Skip to content
Home » Blog » Panduan Dasar SEO: Apa Itu SEO dan Cara Kerjanya

Panduan Dasar SEO: Apa Itu SEO dan Cara Kerjanya

apa itu seo

Sebelum memahami apa itu SEO, kamu harus terlebih dahulu mengerti apa itu search engine. Menggunakan permintaan pencarian pengguna, search engine adalah alat online yang mencari situs web di internet.  Menggunakan algoritma pencarian tertentu, ia menemukan hasilnya dalam databasenya sendiri, mengurutkannya, dan membuat daftar yang diurutkan. Dikenal sebagai halaman hasil search engine, daftar ini (SERP). 

Meskipun ada banyak search engine yang berbeda di dunia, mereka semua beroperasi pada prinsip pencarian dan penjawab dasar yang sama. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang search engine dan apa itu SEO dibawah ini.

Cara Kerja Search Engine

cara kerja search engine

Setelah mengerti apa itu search engine, Anda harus mengerti juga cara kerjanya sebelum membahas ke penjelasan apa itu SEO. Meskipun metode yang digunakan oleh search engine yang berbeda untuk memberikan jawaban yang diminta pengguna dapat bervariasi, semuanya didasarkan pada tiga ide mendasar berikut:

1. Crawling

Crawling adalah langkah pertama dalam proses sebenarnya untuk menemukan situs web baru secara online. Crawler web, juga dikenal sebagai bot atau spiderbots, adalah program kecil yang digunakan oleh search engine untuk mengikuti tautan dari halaman terkenal ke yang baru ditemukan.

Ketika crawler web mengakses halaman web baru melalui tautan, crawler web memindai konten halaman, meneruskannya untuk pemrosesan tambahan (proses yang dikenal sebagai pengindeksan), lalu melanjutkan pencariannya untuk halaman web tambahan.

2. Indexing

Proses memvalidasi dan menyimpan konten dari halaman web dalam database search engine yang dikenal sebagai “indeks” dimulai setelah bot selesai merayapi data. Pada dasarnya, ini adalah perpustakaan besar dari semua situs web.

Agar situs web Anda muncul di halaman hasil search engine, itu harus diindeks terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa pengindeksan dan crawling adalah prosedur berkelanjutan yang terjadi berulang kali untuk menjaga database tetap terkini.

Halaman web dapat digunakan sebagai hasil pencarian untuk kueri pencarian potensial setelah diperiksa dan disimpan dalam indeks.

3. Ranking

Langkah terakhir terdiri dari memilih hasil teratas dan menyusun daftar halaman yang akan muncul di halaman hasil.

Banyak sinyal peringkat digunakan oleh masing-masing search engine, dan sebagian besar dari mereka dijaga kerahasiaannya dan tidak dapat diakses oleh masyarakat. 

Apa Itu SEO?

apa seo?

Jadi, setelah penjelasan search engine di atas, apakah Anda sudah memiliki gambaran apa itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah istilah kolektif untuk semua tindakan yang diambil pemilik situs web untuk menaikkan peringkat pencarian (SEO) mereka. Proses mengoptimalkan situs web Anda untuk search engine dengan tujuan meningkatkan penempatan Anda di hasil pencarian dan mendapatkan lalu lintas yang lebih alami (tidak dibayar) dikenal sebagai apa itu SEO

Search engine tidak hanya memberikan informasi yang berguna kepada penggunanya, tetapi mereka juga dapat membantu bisnis dalam mempromosikan situs web mereka.

Strategi pemasaran online apa pun harus mencakup pengoptimalan situs web Anda untuk istilah pencarian yang relevan karena dapat meningkatkan lalu lintas ke halaman web Anda.

Ketika search engine pertama kali muncul pada 1990-an, SEO berawal dari situ. Ini adalah taktik pemasaran penting saat ini dan industri yang terus berkembang.  Optimasi PPC tidak termasuk dalam optimasi search engine, yang hanya berkonsentrasi pada hasil pencarian organik. Komponen pemasaran search engine adalah SEO dan PPC.

Jika kita ingin memadatkan apa itu SEO, kita dapat mengatakan bahwa tiga elemen yang paling penting adalah:

  1. Informasi teknis – Ini adalah proses dimana semua informasi teknis yang perlu Anda ketahui (sering disebut sebagai technical SEO). 
  2. Konten – Bagian ini mewakili konten situs web Anda, yang merupakan komponen terpentingnya. Sederhananya, konten berkualitas rendah tidak akan mendapat peringkat yang baik.
  3. Backlink berkualitas tinggi – Bagian ini adalah berisi tautan yang memberi situs web Anda lebih banyak otoritas. Anda dapat memiliki konten yang sangat baik dan situs web yang dioptimalkan dengan sempurna, tetapi pada akhirnya, Anda perlu mendapatkan otoritas dengan mendapatkan backlink berkualitas. 

Technical SEO

SEO teknis adalah proses mengoptimalkan fondasi teknis dan arsitektur situs web untuk meningkatkannya ke halaman hasil search engine dan meningkatkan visibilitasnya (SERP). SEO teknis memerlukan pengoptimalan berbagai komponen teknis baik di dalam maupun di luar situs web, seperti kode, konfigurasi server, dan struktur umum.

Tindakan spesifik berikut termasuk dalam kategori SEO teknis:

  • Memastikan search engine dapat merayapi dan mengindeks situs web.
  • Meningkatkan kinerja situs web dan waktu pemuatan.
  • Mengembangkan dan mengirimkan peta situs ke search engine.
  • Mendaftarkan situs web di Google Search Console dan mengkonfirmasi kepemilikannya.
  • Membuat dan mengirimkan file robot.txt untuk menentukan direktori dan halaman mana yang harus dirayapi oleh mesin telusur.
  • Memastikan bahwa situs web responsif dan ramah seluler.
  • Mengonfigurasi pengalihan dan halaman 404 dengan benar.
  • Memanfaatkan URL yang jelas dan informatif.
  • Menggunakan markup data terstruktur untuk meningkatkan seberapa baik konteks dan konten situs web dipahami oleh mesin telusur.

Karena memastikan bahwa search engine dapat mengakses dan memahami konten situs web, SEO teknis adalah komponen penting dari strategi SEO secara keseluruhan. Pengoptimalan situs web teknis dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web dalam hasil pencarian serta memudahkan pengguna untuk menemukan dan berinteraksi dengan konten Anda.

SEO On Page

Semua yang Anda lakukan di situs web Anda sendiri untuk menaikkan peringkatnya dalam hasil search engine disebut sebagai SEO on-page. SEO on-page adalah apa yang terlintas dalam pikiran ketika mempertimbangkan sebagian besar komponen “dasar” dari optimasi search engine, seperti kata kunci, tag HTML, judul halaman, dan keramahan seluler.

Aspek SEO ini berfokus pada memastikan search engine dapat merayapi, mengindeks, dan memahami konten di situs web Anda. Tapi itu juga jauh lebih dari itu.

Selain itu, SEO on-page mencakup metode yang meningkatkan pengalaman pengguna di situs web Anda. Membuat situs web Anda “menyenangkan” untuk dikunjungi manusia juga merupakan bagian besar dari SEO on-page karena search engine seperti Google ingin merekomendasikan situs web terbaik kepada pencari.

Core web vitals adalah serangkaian metrik aktual yang mengukur pengalaman pengguna situs web, dan merupakan salah satu faktor peringkat di halaman terbaru yang digunakan oleh Google. Mereka melacak parameter penting seperti konsistensi visual (Pergeseran Tata Letak Kumulatif), interaksi (Penundaan Input Pertama), dan kecepatan beban (Cat Konten Terbesar). 

SEO Off Page

SEO off-page adalah kelompok metode yang Anda gunakan untuk mengiklankan konten Anda di situs web eksternal di seluruh internet. Membuat situs web, bisnis, atau merek Anda disebutkan di situs web lain adalah tujuan utama dari komponen SEO ini. Meskipun backlink sangat penting dan akan dibahas secara lebih rinci di bawah ini, SEO off-page mencakup lebih dari sekadar tautan.

Kuantitas dan kualitas backlink tetap menjadi beberapa faktor dari bagian penjelasan apa itu SEO off-page yang paling penting. Karena skema tautan dan spam tautan sangat penting, Google telah mencurahkan banyak pembaruan algoritma untuk mereka. Karena tautan meneruskan “link juice” ke situs Anda, yang membuatnya tampak lebih reliable dan dapat dipercaya oleh search engine, tautan sangat penting untuk SEO off-page. Karena ada banyak hal yang masuk ke backlink, kami sarankan untuk menggunakan jasa backlink media nasional dari Tautan agar Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan waktu dan tenaga untuk backlink.

Kesimpulan Apa Itu SEO

Itulah penjelasan tentang apa itu SEO beserta jenisnya. Jangan lupa bahwa memilih antara SEO on-page, SEO off-page, dan Technical SEO bukanlah strategi SEO yang baik. Namun, SEO paling efektif jika Anda memiliki SEO on-page yang kuat sebelum menginvestasikan banyak waktu, energi, dan uang dalam pembuatan tautan backlink atau promosi media sosial. Setelah memiliki konten yang kuat, Anda bisa meningkatkan kinerja backlink website Anda dengan menggunakan jasa link building dan press media dari Tautan yang akan membantu Anda dalam meningkatkan kinerja SEO off-page Anda. Konsultasikan sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.