Skip to content

8 Cara Menulis SEO Artikel Friendly

seo artikel adalah

Para pembaca sekalian mungkin seorang content writer yang sudah terbiasa membaca atau menulis sebuah artikel. Namun, apakah artikel yang Anda tulis tersebut dapat dijangkau oleh banyak orang di tengah sengitnya persaingan posisi halaman atas pencarian google dengan keyword topik yang sama? 

Menulis artikel yang baik saja belum cukup di era ini untuk mengait lebih banyak pembaca. Anda juga perlu membuat artikel tersebut ramah SEO. 

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengoptimalisasi sebuah artikel agar menjadi lebih SEO Friendly meliputi pembahasan SEO artikel adalah serta cara meningkatkan performa SEO website  sehingga peluang muncul di peringkat atas halaman pencarian semakin besar.

Table of Contents

SEO Artikel Adalah..

Pengertian SEO Artikel adalah bagian dari konten tertulis seperti posting blog yang ditampilkan di situs web Anda sebagai halaman dengan URL unik. SEO artikel adalah artikel yang biasa bersifat mendidik, menginformasikan dan/atau menghibur audiens target Anda dengan keahlian dan kualitas. Sebuah SEO artikel adalah artikel yang juga dioptimalkan untuk mesin pencari sehingga memiliki peluang lebih baik untuk masuk ke Halaman 1 hasil pencarian.

Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO Friendly?

Untuk menulis SEO artikel, Anda membutuhkan setidaknya dua hal ini:

  • Seorang penulis profesional dan berpengetahuan pada bidangnya .
  • SEO Tools yang dapat menyediakan data yang Anda butuhkan untuk mengoptimalkan konten.seo artikel adalahBerikut adalah 8 langkah kunci untuk menulis SEO artikel friendly:

1. Tentukan Spesifikasi Dokumen

Pertama yang perlu dilakukan dalam menulis SEO artikel adalah tentukan informasi artikel dasar seperti topik, target kata kunci, meta title, meta description, dan URL. Di bagian atas dokumen Anda, buat tabel yang berisi detail kunci untuk konten baru. Tabel ini dapat membantu Anda mengatur semua detail artikel yang dioptimalkan dengan baik sebelum Anda mulai menulis.

2. Gunakan Keyword yang Ideal

Salah satu cara untuk membuat artikel Anda SEO-friendly adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat: kata-kata yang memiliki volume pencarian tinggi, persaingan rendah, dan sesuai dengan niche blog Anda. Keyword dengan volume pencarian tinggi menunjukkan bahwa mereka sangat populer di kalangan masyarakat umum. Jadi jika Anda menulisnya, itu bisa menarik banyak pembaca namun sulit untuk menaiki peringkat satu halaman pencarian.

Menggunakan kata kunci persaingan rendah dengan kueri yang mirip (secondary keyword phrases) dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Itu bisa jadi karena tidak banyak orang yang menulis atau karena pesaing kita bukan blog besar. 

Memilih kata kunci yang sesuai dengan niche blog Anda dapat membantu menjaga konten Anda tetap relevan. Dengan cara ini, Anda tetap akan memenuhi kebutuhan pengunjung blog Anda.

3. Buat Konten yang Ditulis dengan Ahli.

Google ingin hasil pencarian di halaman pertama memiliki unsur keahlian. Itu karena Google ingin penggunanya puas dengan hasilnya. Konten berkualitas SEO artikel adalah yang juga dapat membuat audiens Anda senang saat membacanya.

Oleh karena itu, sebelum Anda menulis artikel, pastikan Anda memiliki setidaknya satu dari yang berikut:

  • Keahlian topik atau pakar materi yang dapat Anda wawancarai.
  • Kemampuan menulis atau seorang penulis profesional. 
  • Seorang editor ahli. 

Misalnya, jika Anda adalah ahli dalam topik marketing tetapi Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk menulis, rekrutlah penulis bayangan atau editor. 

Jika Anda seorang content-writer, pastikan Anda memiliki akses ke pakar sebuah topik (atau seseorang dengan keterampilan yang sangat hebat di bidangnya) untuk membantu Anda menyusun artikel tersebut.

4. Fokus di Awal

Untuk membuat bagian pembukanya menarik, ada rumus AIDA yang bisa kamu gunakan: 

  • Attention: Gunakan klausa utama berupa pertanyaan, lelucon pendek, atau statistik untuk menarik perhatian pembaca.
  • Interest: Dapatkan perhatian pembaca dengan menyebutkan masalah yang dihadapi.
  • Desire: Jelaskan bagaimana artikel Anda bisa menjadi solusi.
  • Action: Ajak pembaca untuk membaca artikel sampai akhir.

5. Pastikan Tidak Ada Salah Ejaan

Pastikan artikel Anda bebas dari kesalahan ketik seperti typo, penggunaan tanda baca yang tidak tepat, dan tata bahasa yang buruk. 
Kesalahan ejaan dapat mempengaruhi tingkat keterbacaan dan mengurangi kualitas artikel Anda. Selain itu, jumlah kesalahan ketik dalam artikel tertulis mengurangi profesionalisme Anda dan mengurangi kredibilitas Anda.

6. Gunakan SEO Tools

Banyak penulis yang belum terlatih tentang SEO, dan jadi menganggap artikel SEO friendly bisa jadi menakutkan dan sulit. 

Tetapi kabar baiknya, kini ada banyak SEO tools yang dapat membantu penulis mengoptimalkan konten mereka dengan mudah.

Plugin SEO tools akan secara otomatis menyarankan aspek SEO terbaik untuk artikel Anda. Jadi gunakan salah satu plugin seperti Yoast SEO, Ahrefs, dan lain-lain untuk membantu Anda membuat artikel SEO yang bagus dengan mudah.

7. Optimalkan Konten Dalam Artikel SEO Anda.

Setelah Anda memiliki artikel yang ditulis dengan baik dan dengan kata kunci pilihan Anda, Sekarang saatnya untuk mengoptimalkan artikel agar SEO friendly.

Anda pastinya ingin keyword Anda muncul secara alami di konten. Jadi, langkah pertama dalam menulis SEO artikel adalah mengidentifikasi di mana Anda mungkin dapat mengganti beberapa kata atau frasa dengan istilah kata kunci yang lain dengan makna yang sama.

Aturan paling utama dalam menulis SEO artikel adalah selalu pastikan artikel Anda dapat terbaca dengan baik. Menaruh kata kunci Anda di sembarang tempat tanpa memperhatikan tata bahasa dapat membuat artikel Anda terlihat seperti spam di Google dan mengganggu pembaca.

Yang perlu Anda ingat selama menulis SEO artikel adalah optimalkan konten untuk pengunjung Anda, bukan mesin telusur. Merancang situs Anda sesuai kebutuhan pengunjung sambil memastikan situs Anda mudah diakses oleh mesin telusur biasanya menghasilkan hasil yang positif.

Hindarilah memasukkan banyak kata kunci yang tidak perlu yang ditujukan untuk mesin pencari tetapi mengganggu atau tidak masuk akal bagi pengguna.

Karena secara umum, Anda ingin keyword Anda didistribusikan secara merata ke seluruh artikel dari atas ke bawah.

8. Track Performa Konten

seo artikel adalah

Menulis artikel SEO friendly tidaklah dengan pendekatan make-it-and-forget-it. Anda tetap harus mengecek kinerja artikel itu dan analisa datanya.

Dengan menggunakan Google Analytics atau alat SEO seperti plugin WordPress SEO, Anda dapat melihat bagaimana kinerja artikel SEO dalam pencarian. 

Hal-hal yang mungkin perlu Anda perhatikan seperti:

  • Jumlah page views.
  • Waktu rata-rata di halaman
  • Kueri apa yang membawa lalu lintas pencarian ke artikel SEO tersebut

Dengan data tersebut, Anda dapat:

  • Pelajari apa yang berjalan dan tidak berjalan dibandingkan dengan artikel SEO Anda yang lain.
  • Perbarui konten dengan kata kunci baru yang lebih relevan.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menulis artikel yang ramah SEO. Selain mengoptimalkan artikel dengan beberapa metode organik diatas, Anda juga dapat mengoptimalkan artikel atau website Anda dengan mudah melalui jasa link building dan press media dan jasa press release dari tautan.co.id. Silahkan konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami secara gratis, dan kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.