Skip to content
Home » Blog » Strategi Backlinks ini Bikin Situs Anda Muncul di Halaman 1 SERP

Strategi Backlinks ini Bikin Situs Anda Muncul di Halaman 1 SERP

backlink seo

Untuk muncul di halaman awal dari search engine result page (SERP) memang ada banyak indikator dan parameter yang harus dipenuhi. Terlebih lagi, setiap mesin pencari (search engine) memiliki mekanisme tersendiri agar dapat muncul di halaman awal dalam sebuah pencarian. 

Nah, salah satu indikator yang membuat sebuah website atau halaman (page) muncul di halaman awal SERP adalah backlinks. Namun, mendapatkan backlinks tidaklah sembarangan dan asal. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda membutuhkan backlinks di situs Anda. 

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai strategi backlinks yang tepat agar situs Anda muncul di halaman awal SERP. 

Ketahui Apa Itu Backlinks

Pertama sebelum membahas mengenai strategi backlinks, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu backlinks. Secara sederhana, backlinks dapat diartikan sebagai sebuah linkang terdapat di sebuah situs atau halaman (page) menuju situs atau halaman yang berbeda. 

Di dalam bahasa Indonesia, backlink dinamakan pranata balik. Pranata balik juga memiliki nama lain, yaitu inlink atau incoming link. Pranata balik biasanya ditempatkan pada kata, frasa, atau kalimat tertentu. Nah, kata, frasa, atau kalimat yang mengandung link menuju situs lain disebut sebagai anchor text. Terdengar simpel dan sederhana, bukan?

Cara kerja backlinks memang sederhana. Sebuah link ditempatkan pada kata atau kalimat tertentu di sebuah website. Link tersebut akan membawa user yang mengkliknya ke situs atau halaman lainnya. Namun, untuk mendapatkan backlinks dari situs lain yang mengarah ke situs Anda tidaklah mudah.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda menginginkan sebuah backlinks. Menempatkan backlink di anchor text tidak bisa asal. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar backlink yang Anda sematkan bekerja dan berfungsi dengan baik. 

Apakah Backlink Penting?

search engine optimization

Sebelum menjawab apakah inlink itu penting, pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu adalah apakah Anda membutuhkan website untuk bisnis atau brand Anda? Jika ya, tentu backlinks sangat penting. 

Hampir semua mesin pencari (search engine) seperti Yahoo, Google, hingga Bing menetapkan backlinks yang terdapat di sebuah website atau halaman sebagai salah satu dari sekian parameter yang digunakan agar muncul di halaman awal SERP. 

Backlinks membantu website bisnis Anda muncul di mesin pencari. Online presence dewasa ini semakin penting. Apapun jenis bisnis yang sedang Anda jalankan, sebuah bisnis agar tetap berkembang dan mampu bersaing perlu untuk melakukan online presence. 

backlink s pada sebuah website membantu agar sebuah bisnis atau brand muncul di search engines google (search engine). Sehingga target market yang melakukan pencarian dengan kata kunci (keyword) tertentu dapat menemukan bisnis tersebut. Oleh karena itu, backlinks mutlak diperlukan. 

Jika dianalogikan, backlink atau nama lainnya incoming link ini seperti vote pada sebuah pemilihan. Semakin banyak website atau situs yang memiliki backlink  dan mengarah ke situs Anda, maka hal itu semakin baik namun dengan catatan quality backlinks harus bagus dan tidak spamming hingga melanggar guideline dari masing-masing mesin pencari (search engine). 

Anatomi Backlinks

Pranata balik memiliki anatomi. Anatomi ini perlu diketahui sehingga Anda dapat membedakan pranata yang baik dengan yang buruk. Berikut merupakan anatomi atau bagian struktur dari sebuah backlinks. 

  • Tag Anchor

Bagian atau anatomi pertama dari sebuah pranata balik adalah tag anchor. Ketika berbicara mengenai tag anchor memang sedikit berbau teknikal. Pada bagan struktur kode di hypertext markup language (HTML), sebuah backlink dimulai dengan tag anchor. Tanda dari tag anchor dimulai dengan kode <a

  • Link referral 

Berikutnya adalah bagian dari link yang akan dituju. Di dalam kode HTML, link referral yang akan dituju ditulis dengan kode href=””>. Di tengah tanda dua petik dua, akan diletakan sebuah link yang akan dituju jika diklik. 

  • Anchor Text

Pada bagian anatomi backlink berikutnya adalah bagian anchor text. Anchor text pada dasarnya adalah sebuah kata, frasa, atau kalimat. Anchor text dapat dilihat perbedaannya secara kasat mata karena biasanya berwarna biru. Anchor text mengandung sebuah link yang jika diklik akan mengarah menuju link referral yang sudah ditentukan sebelumnya. 

  • Closing Tag

Terakhir pada bagian anatomi backlinks adalah terdapat sebuah closing tag. Pada sistem kode HTML. closing tag ditandai dengan kode </a>. Kode tersebut merupakan bagian akir dari sebuah anatomi backlink atau pranata balik. 

Misalkan, terdapat sebuah backlink yang mengarah ke situs Google. Incoming link tersebut memiliki anchor text “Google”. Maka anatomi pranata balik yan benar dapat ditulis dengan sistem kode HTML sebagai berikut

<a href=”www.google.com”>Google</a>

Selain dapat membantu Anda untuk tahu backlinks yang bagus atau tidak, mengenal dan mengetahui bagaimana sebuah pranata balik terbangun di dalam anatomi juga dapat membantu Anda berkomunikasi dengan tim web developer ketika dihadapi sebuah masalah ketika incoming link tidak bekerja dan berjalan dengan baik. 

Ada Berapa Jenis Backlinks?

jenis backlink

Pada dasarnya, pranata balik atau incoming link memiliki berbagai jenis. Perbedaan antar jenis incoming link terletak dari tujuan dan fungsinya. Berikut merupakan beberapa jenis backlinks yang terdapat dan biasa digunakan.

  • Pranata Balik pada Kolom Komentar Blog

Jenis backlink yang pertama adalah pranata balik yang terdapat pada kolom komentar sebuah situs blog. Pernahkah Anda mengunjungi sebuah blog yang membahas suatu tea. Kemudian, pada kolom komentar, terdapat sebuah pertanyan dan pemilik blog menjawab pertanyaan tersebut dan mengarahkan sebuah tautan menuju situs Anda?

Nah, backlinks tersebut merupakan jenis pranata balik pada kolom komentar sebuah blog atau blog comment backlink. Namun, perlu menjadi catatan bahwa ketika Anda hendak melakukan kerja sama dengan sebuah blog untuk menyematkan alamat situs Anda pada kolom komentar blog tersebut, Anda harus memastikan bahwa blog yang Anda tuju memiliki relevansi, kesamaan tema, dan kesamaan pembahasan di dalam tulisannya. 

  • Pranata Balik Kontekstual

Jenis incoming link berikutnya adalah pranata balik kontekstual. Mungkin pranata balik jenis yang ini paling sering Anda lihat. Pranata balik kontekstual sering berada pada sebuah artikel atau sebuah tulisan blog, kemudian akan mengarah ke situs Anda. biasanya, artikel atau tulisannya memiliki kesamaan pembahasan atau relevansi yang sama dengan situs Anda. 

  • Pranata balik Profil

Jenis incoming link berikutnya adalah pranata balik profil. Jenis backlink ini biasanya terdapat pada media sosial, situs brand atau bisnis tertentu dan berbagai situs lainnya, hingga situs komersial. Untuk mendapatkan pranata balik jenis ini cukup mudah. 

Cara untuk mendapatkannya adalah pertama, Anda harus membuat profil di sosial media, situs bisnis brand, situs komersial, atau situs apapun yang menampilkan informasi dari Anda. langkah berikutnya adalah jangan lupa untuk memberikan informasi link atau alamat website dari situs Anda. dan, voila! Jadilh sebah backlink profil yang menuju website pribadi Anda. 

  • Backlinks Sosial Media

Jenis incoming link ini cukup populer digunakan, apalagi fitur seperti instagram story atau whatsapp stody memungkinkan backlinks jenis ini dapat didapatkan dengan mudah. Untuk mendapatkannya, Anda cukup bekerja sama dengan akun instagram atau sosial media yang memungkinkan untuk meletakan link di story mereka. 

Kemudian, pilih link atau alamat website yang hendak Anda jadikan backlinks. Informasikan kepada pemilik akun sosial media untuk meletakan dan menyertakan link di status atau story mereka. Link tersebut akan dapat diklik oleh followers dari akun sosial media bersangkutan ketika melihat status atau story dari akun tersebut. 

  • Backlink di Footer website

Jenis pranata balik yang terakhir adalah pranata balik yang terdapat pada footer. Biasanya, jenis pranata balik ini umumnya dibuat dan digunakan oleh para pekerja lepas (freelance) yang berfokus membangun atau membuat sebuah website. Nah, para pekerja lepas ini akan menyematkan link dari situs pribadi mereka di footer sebuah website yang mereka kerjakan atau mereka buat. Sehingga pengguna yang mengunjungi situs tersebut dapat mengetahui dan mengunjungi situs si freelance tersebut. 

Kegunaan dan Manfaat dari Backlinks

Setelah mengetahui mengenai apa itu incoming link, anatominya, dan jenisnya, berikutnya Anda juga harus tahu apa saja kegunaan dan fungsi sebuah backlink. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari backlinks yang wajib Anda ketahui. 

1. Menambah trust dan authority website Anda

Fungsi pertama dari sebuah backlink adalah bahwa backlink dapat membantu situs Anda memiliki authority. Lantas, apa kegunaan sebuah authority? Singkatnya, sebuah website yang memiliki authority yang baik akan dipercaya oleh Google atau mesin pencari (search engine)  sebagai situs yang kredibel dan terpercaya. 

Di sisi lain, mendapatkan backlink atau incoming link dari dari situs lain juga dapat meningkatkan trust atau kepercayaan dari pengunjung atau user. Semakin banyak situs atau website yang memberikan incoming link akan memberikan kepercayaan bahwa situs Anda merupakan situs yang kredibel, bermanfaat, dan tidak spam.

2. Organic Traffic

Umumnya, pengguna ketika ingin mendapatkan informasi mengenai suatu hal, misalnya tentang sebuah barang, maka pengguna tersebut akan menggunakan Google atau mesin pencari (search engine) lainnya dengan memasukkan kata kunci (keyword) tertentu hingga informasi tersebut didapatkan. 

Cara lainnya adalah ketika seorang pengunjung mengunjungi sebuah situs yang kebetulan situs tersebut memiliki konten yang relevan dan memiliki anchor text menuju situs atau website Anda. 

Dari mekanisme tersebut, potensi situs Anda untuk dikunjungi cukup besar. Jika terdapat pengunjung atau user yang mengklik anchor text, maka hal tersebut bisa menjadi organic traffic. Artinya, kunjungan ke situs Anda terjadi secara alami melalui backlinks tersebut, bukan dari advertising. 

3. Memperbaiki peringkat website Anda di SERP

Faktanya, pranata balik bertujuan untuk membantu situs atau website Anda  muncul di halaman awal search engine result page (SERP). Pranata balik tidak hanya membuat jumlah kunjungan alami (lalu lintas organik) di situs Anda meningkat melalui situs pemberi, namun juga membantu ranking situs Anda menjadi lebih baik di mesin pencari.

Namun, yang menjadi catatan adalah Anda harus memastikan bahwa situs pemberi backlinks merupakan situs yang kredibel, memiliki relevansi yang baik, dan jelas. Jika Anda mendapatkan incoming link dari situs yang berbahaya dan tidak jelas, bukan tidak mungkin situs Anda justru malah kena pinalti dari mesin pencari (search engine).

4. Salah satu langkah dalam optimasi SEO

Incoming link merupakan salah satu dari beberapa parameter yang dilakukan ketika Anda hendak melakukan optimasi search engine optimization (SEO). Dewasa ini, optimasi SEO semakin penting untuk dilakukan. Pasalnya, di era sekarang, hampir semua jenis model bisnis menggunakan pendekatan omnichannel dalam melakukan dan mencapai target pasar mereka. Artinya, bisnis di era sekarang menggunakan beberapa atau banyak pendekatan dalam mencapai target marketnya. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan menggunakan SEO.

Melakukan optimasi SEO dengan cara menggunakan backlinks tidak hanya membantu website Anda muncul di halaman awal SERP, namun juga membantu online presence bisnis Anda di mesin pencari. Dengan melakukan optimasi pada kata kunci (keyword) tertentu, target market akan menemukan Anda dengan mudah. 

Rekomendasi Strategi Backlinks

Nah, berikut merupakan rekomendasi strategi dalam melakukan kerja sama membuat backlinks dari sits lain. 

  • Pilih situs yang terpercaya dan jelas

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan riset situs yang hendak Anda ajak kerjasama dalam membuat pranata balik. Situs yang hendak Anda ajak kerjasama harus merupakan situs yang kredibel, terpercaya, dan jelas. Kalau situsnya berbahaya, hal tersebut justru akan membahayakan situs Anda. 

Situs anda akan dianggap sebagai situs berbahaya dan sangat berpotensi diblokir oleh mesin pencari. Oleh karena itu, melakukan riset situs merupakan hal yang wajib Anda lakukan. 

  • Lakukan riset kata kunci

Berikutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan riset keyword. Pilih dan tentukan keyword yang hendak anda target. Kemudian jadikan itu sebagai backlinks di situs pemberi. Dalam memilih keyword, sebisa mungkin pilihlah kata kunci yang tidak terlalu ketat keyword difficulty nya namun memiliki search volume yang tinggi.

  • Letakkan keyword di anchor text

Setelah melakukan riset situs dan keyword, berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan meletakkan keyword yang sudah ditentukan di dalam anchor text. Pada dasarnya, meletakan link di dalam anchor text tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan strategi khusus agar backlinks dapat bekerja dan mendapatkan skor bagus menurut mesin pencari. Nah, meletakkan keyword di dalam anchor text merupakan hal yang baik untuk meningkatkan skor backlinks. 

Meletakkan keyword di dalam anchor text juga harus disesuaikan dengan konten yang dituju. Artinya, Anda juga harus menyesuaikan keyword, konten yang dituju dan konten situs pemberi. Semuanya harus relevan dan satu tema sehingga pengguna tidak merasa bingung. 

  • Banyak backlinks dari satu situs lebih buruk daripada satu backlinks dari satu situs

berikutnya, Anda juga harus memperhatikan bahwa mendapatkan dua backlinks dari dua situs yang berbeda jauh lebih baik dibandingkan mendapatkan banyak backlinks dari satu situs yang sama. Hal ini akan dianggap sebagai spamming oleh mesin pencari. Tentuna, juga akan berbahaya untuk situs anda dan kemungkinan situs anda akan terkena penalti dari mesin pencari. 

  • Menggunakan Jasa Pihak Ketiga seperti Tautan

Terakhir, anda bisa menggunakan jasa backlinks media nasional seperti Tautan.co.id. Anda hanya perlu melakukan konsultasi secara gratis. Anda juga tidak perlu repot mengatur strategi karena tim dari Tautan akan melakukan riset dan strategi lainnya secara berkesinambungan. Menggunakan jasa backlink blog di tautan juga sudah dipercaya oleh berbagai jenis media dan klien di berbagai sektor.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi backlinks yang bisa Anda terapkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.