Skip to content
Home » Blog » Teknik SEO: SEO On-Page dan SEO Off-Page

Teknik SEO: SEO On-Page dan SEO Off-Page

seo on page dan seo off page

SEO adalah usaha-usaha untuk meningkatkan volume serta kualitas trafik sebuah blog atau website agar artikel dalam blog tersebut dapat menempati halaman utama pada search engine Google dengan berbagai teknik.

Ada 2 jenis dalam SEO untuk memaksimalkan web anda yaitu: Off-Page SEO dan On-Page SEO. 

SEO bertujuan untuk menempatkan web muncul dalam halaman-halaman utama google. Supaya tujuan dalam SEO sukses, maka hasil dari upaya wajib betul-betul agar bisa menampilkan web di halaman pertama.

Jika website belum menempati halaman pertama google maka harus terus meningkatkan dan menambah teknik atau memperbaiki agar berhasil. Tidak hanya itu, Anda wajib melaksanakannya secara konsisten serta terus menerus. Berikut 2 metode SEO yang bisa Anda praktekkan guna tingkatkan popularitas web Anda.

Teknik SEO On Page

SEO On-page adalah proses memaksimalkan elemen halaman terhadap keyword tertentu.

Elemen halaman yang kami maksud yaitu: 

  • Kualitas konten.
  • Keyword Density (Kepadatan kata kunci).
  • Judul dan deskripsi.
  • struktur URL.
  • Page experience & usability.
  • Optimalisasi media.
  • Tautan internal dan eksternal, dll.

Sebagian besar elemen ini bisa dengan gampang ditingkatkan, maksudnya page bisa dioptimalkan untuk kueri penelusuran tertentu.

Jenis pengoptimalan ini berfungsi untuk semua jenis halaman website, seperti homepage, halaman produk, posting blog, atau landing page. 

Pada artikel ini, kami akan memberitahu Anda tentang apa yang harus dilakukan dalam strategi optimasi SEO On-Page di website Anda dan cara menargetkan kata kunci Anda dengan lebih baik.

1. Lakukan SEO Audit

Langkah pertama untuk melakukan SEO on-page adalah menjalankan SEO audit.

Ada hampir 100 elemen untuk diperiksa, dan beberapa poin lebih penting daripada yang lain.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah periksa berbagai elemen yang Mempengaruhi SEO seperti title, descriptions, keyword density, heading structure, URL, Favicon, dan lain sebagainya. 

Memeriksa setiap elemen satu-persatu mungkin akan memakan waktu lama dan sulit untuk mengidentifikasi kesalahan dan perbaikan di tiap elemennya. Oleh sebab itu Anda dapat menggunakan bantuan automated tools.

Langkah kedua yaitu temukan error & tentukan prioritasnya.  

Setelah Anda menemukan perubahan yang dapat meningkatkan skor pengoptimalan Anda, inilah saatnya untuk memutuskan apa yang harus diubah terlebih dahulu.

Bobot setiap parameter ditentukan oleh pengaruhnya terhadap kemampuan halaman website Anda untuk mendapatkan peringkat di SERP.

Sebagian contoh kesalahan SEO on-page penting yang wajib diprioritaskan diantaranya:

  • Elemen yang hilang.
  • Elemen yang dioptimalkan untuk kata kunci yang tidak relevan.
  • Tag judul tidak ditemukan di halaman.

Tugas prioritas rendah dapat dilakukan setelahnya seperti favicon yang hilang, karena termasuk kepentingan yang tidak terburu-buru.

2. Riset Kompetitor

Tingkatkan kualitas SEO di halaman Anda dengan melakukan riset kompetitor.

Langkah ini akan menolong Anda memperjelas keyword apa yang akan ditargetkan serta metode baru untuk meningkatkan halaman Anda lebih baik.

Menilai pesaing Anda dapat membantu Anda memahami apa yang berhasil di pasar dan dibagian mana halaman Anda paling membutuhkan peningkatan.

Cara pertama dapat Anda lakukan dengan melihat SERP untuk kata kunci yang Anda targetkan.

Perhatikan tentang ide yang mereka sampaikan, pendekatan mereka terhadap konten, dan kata kunci apa yang mereka gunakan dan di mana mereka meletakkannya.

Cara kedua dapat Anda lakukan dengan menganalisis kelemahan pesaing.

Apakah ada area yang menurut Anda dapat ditingkatkan?

Apakah Anda mengidentifikasi celah ataupun elemen kueri yang belum dioptimalkan?

Cobalah untuk mengidentifikasi pola apa pun yang Anda bisa temukan dalam sebuah website yang ramai dan bandingkan dengan halaman website Anda.

Pastikan Anda tidak hanya memperbaiki hal-hal yang hilang tetapi juga mencari peluang untuk meningkatkan elemen di halaman yang ada.

3. Mulai Perbarui SEO On-Page Website Anda

Setelah Anda menjalankan audit dan melakukan riset pesaing, Anda pasti akan memiliki pemikiran tentang kesalahan dalam SEO on-page Anda yang perlu diperbaiki, Area di mana SEO on-page Anda dapat ditingkatkan bila dibandingkan dengan pesaing, dan banyak insight lainnya. 

Selanjutnya, buat daftar tugas individu Anda.

Mulailah dengan membuat daftar tugas berdasarkan prioritas. Anda dapat menggunakan sistem manajemen tugas Anda sendiri atau alat SEO di website untuk mengatur daftar tugas Anda.

Kemudian, fokus pada setiap hal yang telah berubah terkait prioritas kata kunci Anda.

Apakah Anda menemukan peluang baru selama riset atau menemukan penyesuaian yang harus Anda lakukan pada keyword density? Silakan mulai perbaiki masalah website Anda sedikit demi sedikit. 

Bisa dikatakan bahwa sebagian besar masalah dengan SEO pada halaman dapat diperbaiki dari dalam CMS Anda.

Teknik SEO Off Page

SEO off page adalah langkah optimasi website dengan website lain yang memiliki rating tinggi melalui penautan backlink.

Sudah jelas tujuan utama dari teknik SEO off page adalah dengan mencari sebanyak-banyak backlink dofollow yang mengarah ke blog atau website Anda. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam optimasi SEO Off-page.

seo off page

1. Social Media Marketing

Sosial media adalah salah satu media yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan SEO off page. Media sosial bermanfaat untuk membawa leads ke web dikala ada yang membagikannya di unggahan atau konten media sosial. Dengan mengunggah konten-konten bermanfaat dan menarik lewat sosial media dapat meningkatkan kunjungan web.

2. Backlink

Backlink yang bermutu sangat menolong guna membuat halaman mesin pencarian google menjangkau situs Anda. Teknik ini sudah banyak yang melakukannya karena untuk meningkatkan posisi website di halaman pencarian google.

Namun, tidak semua backlink baik untuk meningkatkan popularitas website di laman pencarian google. Hanya website dengan pengunjung atau traffic yang bagus yang baik untuk memberikan pengaruh bagi website untuk muncul di halaman google.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membangun backlink yang bermutu, Tautan.co.id menawarkan jasa backlink blog profesional untuk Anda. 

3. Komunitas

Salah satu media komunikasi yang bisa kita manfaatkan dalam promosi website adalah forum komunitas. Komunitas merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu contoh caranya dengan mem-post komentar pada thread yang orang lain buat dan Anda dapat meninggalkan ‘jejak’ yang mengarah ke link website Anda. 

Pastikan thread yang dipilih harus sesuai dengan bahasan website Anda dan jejak yang ditinggalkan mengandung kata kunci yang sesuai.

Kesimpulan serta Penutup

Pelaksanaan SEO yang baik serta benar bisa mempengaruhi website Anda. Untuk Anda yang memiliki website disarankan untuk senantiasa dapat membaca pasar serta tren supaya strateginya bisa diterapkan pada website Anda.

Perbedaan antara SEO on page dan SEO Off page yaitu bila teknik SEO On-Page lebih mencermati penulisan serta format dalam website Anda, dan berbanding terbalik dengan metode teknik SEO Off-Page yang lebih mementingkan backlink serta marketing di luar web Anda.

Sehabis mengenali definisi dari SEO serta perbandingan SEO dan optimasinya, Anda dapat mempraktikkan beberapa metode tersebut ke dalam web Anda. Hal ini bisa memberi dampak signifikan pada bisnis online Anda apabila Anda masih belum mengenali manfaat dari SEO.

Anda juga dapat melakukan berbagai teknik SEO lainnya seperti jasa backlink media nasional dan jasa backlink blog yang dapat membantu meningkatkan brand bisnis Anda. Silahkan konsultasikan dengan tautan.co.id secara gratis, kami siap membantu Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.