Skip to content
Home » Blog » 5 Langkah Mudah Menggunakan Domain Authority Checker

5 Langkah Mudah Menggunakan Domain Authority Checker

domain authority

Pernahkah Anda mendengar istilah domain authority checker? Bagi mereka yang sering melakukan optimasi SEO, pasti sering mendengar istilah tersebut. 

Istilah domain authority checker memang asing bagi orang awam karena istilah tersebut merupakan istilah yang umum digunakan di bidang tertentu, khususnya bidang search engine optimization atau SEO. Domain authority merupakan salah satu parameter yang digunakan ketika seseorang melakukan optimasi sebuah website atau halaman (page) agar dapat muncul di ranking teratas di dalam halaman search engine result page (SERP). 

Sejatinya, istilah domain authority identik dengan page authority. Kedua istilah tersebut sering disingkat menjadi domain authority/page authority (DA/PA). Nah, pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai semua informasi mengenai domain authority dan bagaimana cara mengeceknya. 

Apa itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Pertama, kita akan membahas mengenai apa itu DA dan PA. bagi para praktisi SEO, dua istilah tersebut merupakan elemen wajib yang harus diperhatikan agar optimasi SEO yang dilakukan dapat berjalan dan berhasil. 

Domain authority atau DA merupakan sebuah parameter khusus yang dikembangkan oleh Moz dalam mengukur skor SEO sebuah website. Skor tersebut memiliki rentang dari 1 hingga 100 di mana semakin tinggi skornya, maka sebuah website memiliki optimasi SEO yang baik. Semakin baik skor DA sebuah website maka semakin baik pula skor SEO dan semakin besar posibilitas website tersebut untuk muncul di halaman pertama SERP. 

Sebaliknya, jika sebuah website memiliki skor DA yang rendah, maka website tersebut akan sulit untuk muncul di halaman awal SERP. Biasanya, website yang memiliki skor DA merupakan website yang baru dibangun atau website yang baru saja terkena penalti dari mesin pencari (search engine). 

domain authority & page authority

Meskipun begitu, terdapat cara untuk meningkatkan skor DA yang akan dibahas juga nanti di artikel ini. 

Berikutnya adalah page authority (PA). Page authority (PA) merupakan sebuah skor yang dibuat oleh Moz untuk mengukur seberapa baik dan berkualitasnya konten di sebuah website atau halaman (page).

Skor PA dibuat dengan menggunakan skala 1 sampai 100 di mana 1 merupakan skor terendah sedangkan 100 merupakan skor tertinggi. Semakin tinggi skor PA sebuah website maka semakin baik dan berkualitas konten di sebuah website. Sebaliknya, jika skor PA rendah, maka rendah pula kualitas konten di suatu website sehingga perlu dilakukan audit konten. 

Seiring berjalannya waktu, istilah PA dan DA semakin jarang digunakan. Pada praktiknya pun juga jarang digunakan. Kedua istilah tersebut semakin jarang digunakan karena beberapa alasan. Dilansir Search Engine Journal (SEJ), parameter domain authority dan page authorty sudah tidak perlu digunakan lagi. 

Alasan dari tidak perlu menggunakan DA/PA adalah karena kedua elemen tersebut bukanlah parameter yang diciptakan dan dibuat oleh mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll). Kedua parameter tersebut diciptakan oleh Moz yang notabene sebuah software optimasi SEO. Jadi, parameter DA/PA bukanlah merupakan parameter yang dibuat oleh mesin pencari. 

Meskipun parameter DA/PA sudah tidak populer digunakan dan bukan merupakan parameter yang dibuat oleh mesin pencari, kedua parameter tersebut tetap harus diperhatikan. Alasannya adalah karena kedua parameter memiliki ketetapan skor yang membuat kita harus melakukan optimasi konten dan SEO di website. 

Di saat yng bersamaan, hampir semua mesin pencari memiliki aturan algoritma yang mengedepankan pengalaman pengunjung. Dengan kata lain, melakukan optimasi konten di website merupakan ha yang wajib dilakukan agar pengalaman pengguna semakin baik. Optimasi konten juga membuat pengguna betah menikmati konten di website Anda sehingga website Anda berpotensi mendapatkan trust lebih. 

Pada artikel ini, pembahasan akan difokuskan pada bagaimana menggunakan tool domain authority checker. 

Ciri Domain Authority yang Baik untuk Website Anda

Sejatinya tidak ada aturan spesifik untuk website agar memiliki domain authority dan page authority yang baik. Moz sebagai pembuat parameter tersebut sekaligus domain authority checker merahasiakan ciri dari DA/PA yang baik seperti apa.

Namun, Moz juga membeberkan beberapa ciri yang membuat domain authority checker sebuah website memiliki kualitas yang baik. 

Pertama adalah external link. Sebuah website memiliki skor DA yang baik jika website tersebut memiliki link eksternal yang baik. Selain itu, jumlah eksternal link juga berpengaruh terhadap skor DA sebuah website. Semakin banyak link eksternal yang dimiliki oleh sebuah website, semakin baik pula skor DA nya. 

Selain itu, terdapat beberapa aturan lainnya yang dirahasiakan oleh Moz. aturan tersebut merupakan algoritma khusus yang sengaja diciptakan agar kompetisi di antara website menjadi lebih kompetitif. Aturan algoritma Moz dengan sengaja diciptakan dan dirahasiakan guna para pemilik website tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan skor tinggi DA. Dengan begitu, kompetisi di antara website yang ingin mendapatkan skor DA tinggi tetap terjaga secara fair dan sehat.

Adapun elemen lainnya yang dibeberkan oleh Moz sebagai domain authority checker terkait skor DA tinggi adalah profil, MozTrust dan MozRank. Khusus untuk MozRank dan MozTrust, Anda diharuskan menggunakan layanan dari Moz karena kedua layanan tersebut merupakan software buatan Moz yang diciptakan guna membantu melakukan optimasi SEO di website. 

Cara Menaikkan Skor DA/PA

page authority

Meskipun elemen yang digunakan untuk mengetahui ciri domain authority merupakan hal yang dirahasiakan oleh Moz, namun terdapat cara untuk meningkatkan skor DA/PA. Berikut ini merupakan beberapa cara dan langkah yang bisa Anda lakukan guna mendapatkan skor domain authority yang tinggi. 

1. Nama Domain dari Website Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin mendapatkan skor DA/PA yang tinggi adalah nama domain dari website Anda. Anda harus memilih dan menggunakan nama domain yang sederhana, mudah diingat, mudah dilafalkan, dan relevan dengan bisnis atau brand yang sedang Anda kerjakan. 

Jangan menggunakan nama domain yang sulit dan aneh. Nama domain yang cenderung sulit dan rumit memiliki skor DA/PA yang rendah. Selain itu, nama domain yang rumit dan sulit juga tidak baik untuk optimasi SEO. Jadi, langkah awal untuk mendapatkan skor domain authority yang tinggi adalah dengan menggunakan domain yang sederhana, simple, dan relevan dengan bisnis atau brand yang sedang Anda jalankan. 

2. Konten yang Berkualitas

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan guna mendapatkan skor tinggi dalam DA/PA adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Biasanya, dalam sebuah website umumnya menggunakan artikel atau blog sebagai konten utama. Artikel atau blog tersebut juga digunakan sebagai kanal dalam menarik atensi target market. 

Buatlah konten artikel atau blog dengan kualitas mumpuni. Lakukan riset topik dan riset kata kunci yang mendalam agar target market atau pengunjung betah dan menikmati konten yang Anda buat. Konten yang berkualitas tidak hanya bagus untuk meningkatkan skor domain authority. Secara tidak langsung, konten yang bagus juga berpengaruh terhadap SEO website tersebut. 

Semakin baik optimasi SEO melalui konten, semakin besar peluang website atau halaman Anda muncul di halaman awal search engine result page (SERP). Lebih lanjut, menghadirkan konten yang berkualitas juga berpengaruh terhadap trust (kepercayaan) konsumen terhadap website Anda. 

3. Optimasi Konten Anda

Konten yang baik dan berkualitas saja tidak cukup, Anda juga harus melakukan optimasi agar mesin pencari dapat mengetahui dan membaca konten Anda. 

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimasi konten adalah dengan memperhatikan h1, meta desc, meta title, hingga  alt image yang digunakan. Untuk h1 atau meta title, gunakan judul yang berbeda dengan judul asli konten Anda namun masih relevan. Gunakan juga frasa atau kalimat yang mengundang rasa penasaran pengunjung untuk melakukan klik dan mengunjungi konten Anda. 

Alt image juga penting. Pilihlah gambar yang menjadi informasi tambahan di konten Anda. gunakan alt sebagai informasi mengenai gambar tersebut. Alt image juga membantu mesin pencari dalam melakukan crawling website Anda.

4. Optimasi Link Website

Melakukan optimasi link juga merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Melakukan optimasi link tidak hanya berdampak positif terhadap skor domain authority, tetapi juga mempengaruhi skor SEO website Anda. Sebisa mungkin, gunakan alamat atau link yang relevan dengan halaman yang terkait. 

Misalnya, untuk halaman “kontak”, anda bisa menggunakan alamat sebagai berikut

www.namadomain.com/kontak-informasi

Contoh link di atas merupakan contoh link yang dioptimasi dengan baik. Website yang baik akan menyertakan nama halaman di dalam linknya. Contoh di atas adalah halaman “kontak”. Di dalam linknya, keterangan kontak disertakan sehingga link menjadi lebih sederhana dan jelas. 

Hindari penggunaan simbol atau nomor yang rumit. Biasanya, link yang mengandung banyak simbol, angka, dan rumit serta panjang akan berpengaruh terhadap baik itu skor SEO maupun skor domain authority. Oleh karena itu, mulailah melakukan inspeksi terhadap semua link yang ada di website Anda. Lakukan audit link dan mulailah hapus link yang rumit, panjang dan ubah menjadi lebih sederhana dan simple

5. Internal Link

Optimasi berikutnya yang bisa Anda lakukan guna mendapatkan skor DA/PA dari domain authority checker ada dengan memperbanyak internal link. 

Apa itu internal link? Secara sederhana, internal link adalah sebuah link yang disematkan di dalam anchor text yang mengarah ke konten atau halaman (page) lainnya yang masih berada di dalam website anda. 

Menggunakan dan memperbanyak internal link akan membantu pengunjung (visitor) mengenal lebih jauh konten dan informasi lainnya yang ada di dalam website Anda. Memperbanyak internal link juga membantu memperkecil bounce rate website Anda.

6. Bisa diakses di mana pun

Selanjutnya, optimalkan juga website Anda agar bisa diakses dan dibuka di berbagai jenis perangkat. Baik di perangkat komputer maupun ponsel. Lakukan inspeksi secara berkala agar menghindari masalah yang mungkin timbul. Website yang hanya bisa dikunjungi di perangkat yang terbatas tidak hanya buruk untuk skor domain authority checker website, tetapi juga buruk untuk skor SEO.

Selain itu, keterbatasan website ketika dikunjungi juga akan membuat pengalaman pengunjung ketika berinteraksi dengan website Anda menjadi terganggu. Akibatnya, website Anda akan memiliki trust yang rendah dari target market. Kabar buruk berikutnya, website Anda akan sulit mendapatkan ranking teratas di SERP. 

7. Sematkan Tombol Sosial Media

Keberadaan sosial media juga merupakan salah satu parameter yang digunakan oleh domain authority checker untuk menilai seberapa baik skor DA sebuah website. Nah, pastikan Anda menyematkan tombol bagikan ke berbagai macam sosial media yang ada. Semakin banyak sosial media yang disematkan, maka semakin baik.

8. Kualitas Backlinks

Berikutnya, agar website Anda memiliki skor tinggi dari domain authority checker, perhatikanlah backlinks yang ada di website anda. pastikan website anda mendapatkan backlinks dari website yang terpercaya dan bukan website berbahaya. Selain iu, pastikan juga jika backlink di website Anda memiliki kualitas yang baik dan relevn dengan konten Anda. 

Cara Melakukan Domain Authority Checker

Nah, berikutnya adalah bagaimana menggunakan tool domain authority checker. Tool semacam domain authority checker merupakan sebuah tool yang diciptakan dan dibuat oleh Moz. Tool ini membantu para praktisi SEO untuk melihat skor seberapa baik website mereka. 

Pada dasarnya, menggunakan software domain authority checker tidaklah rumit. Pembahasan ini akan membantu Anda mengenai bagaimana menggunakan software domain authority checker dengan mengikuti lima langkah berikut, 

  1. Pertama, bukalah situs Moz. situs moz dapat diakses menggunakan link moz.com.
  2. Selanjutnya, pastikan halaman Moz terbuka secara sempurna. Jika halaman sudah terbuka secara sempurna, pilihlah menu “Free SEO Tool”. Menu tersebut berada di pojok kanan atas. Klik menu tersebut. 
  3. Berikutnya, Anda akan dihadapkan pada beberapa kolom yang harus Anda isi terkait domain website Anda. pada kolom Page/URL, isi kolom tersebut dengan alamat website Anda. pastikan Anda memasukan alamat homepage. Yang menarik dari domain authority checker buatan Moz ini adalah Anda bisa melihat top 5 website kompetitor Anda. 
  4. Setelah anda memasukan website Anda, berikutnya adalah tekan tombol “Analyze Now”. Tunggu hingga prosesnya selesai. 
  5. Setelah proses analisis selesai, anda akan dihadapkan pada sebuah halaman yang memuat beberapa informasi. Informasi tersebut di antaranya adalah domain authority, linking root domains, ranking keywords, dan spam score. Proses analisis pun selesai. Anda dapat mengetahui berapa skor DA dari website Anda. 

Demikianlah pembahasan mengenai domain authority checker yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, DA/PA tidak terlalu penting diperhatikan karena aturan tersebut bukan dibuat oleh mesin pencari. Meskipun begitu, melakukan optimasi konten dan website Anda tetap penting dilakukan. 

Melakukan optimasi website memang memerlukan waktu yang tidak sebentar dan kesabaran ekstra karena hasil dari optimasi SEO tidak bisa dicapai hanya dalam waktu hitungan jam atau hari. Melakukan optimasi SEO baru bisa dicapai hasilnya dalam beberapa bulan ke depan. 

Nah, dewasa ini, semakin banyak penyedia jasa optimasi SEO dari pihak ketiga. Selain dapat membantu Anda untuk melakukan optimasi SEO di website, Anda juga dapat menyimpan waktu anda sehingga bisa lebih fokus menjalankan bisnis. 

Menggunakan Jasa Backlink untuk Dapatkan Skor Tinggi dari Domain Authority Checker

Bagi Anda pemilik bisnis yang memiliki website dan hendak mendapatkan backlink berkualitas, menggunakan jasa backlink media nasional dari Tautan bisa menjadi salah satu solusi yang patut dipertimbangkan. 

Sebagai pemilik bisnis yang dituntut untuk melakukan optimasi website agar bisa berkompetisi dengan kompetitor memang tidaklah mudah. Namun, dewasa ini keberadaan penyedia jasa backlink blog sangat membantu para pemilik bisnis yang memiliki keterbatasan waktu.

Menggunakan jasa pihak ketiga dalam melakukan optimasi website Anda tentu akan membantu Anda dalam mengatur strategi menghadapi kompetitor, khususnya kompetisi di online presence. Enaknya, di Tautan anda bisa melakukan konsultasi secara gratis. Kunjungi Tautan sekarang dan lakukan konsultasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT. Medium Optima Indonesia.

QP Office, Perkantoran Tanjung Mas Raya Blok B1 No. 44, Tanjung Barat, Jagakarsa, DKI Jakarta.